Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Senin, 27 Juli 2020 - 05:24 WIB

Stock Darah di PMI Sumedang Kurang, Asa Medika dan Kartar Pasanggrahan Baru Lakukan Donor

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sumedang Dr. Andri Mulya, Sp.PD saar memantau donor darah di ASA Medika Wado. Sabtu, 25 Juli 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE PANTAU PEDONOR: Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sumedang Dr. Andri Mulya, Sp.PD saar memantau donor darah di ASA Medika Wado. Sabtu, 25 Juli 2020.


SUMEDANG, SO — Stock golongan darah O di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumedang saat ini dalam kondisi kosong, sementara jenis golongan lainnya dalam kondisi mengkhawatirkan jumlahnya. Lantaran hal itu PMI Sumedang gencar melakukan sosialisasi dan menyisir para pedonor untuk menyumbangkan darahnya.

“Kebetulan untuk hari ini kita lagi mengumpulkan untuk golongan O, soalnya lagi kosong,” ujar Sri Sugiharti selaku Teknisi Lab pada PMI Kabupaten Sumedang. Sabtu, 25 Juli 2020.

Menurutnya kondisi tersebut beralasan, karena situasi pandemi dimana warga memang dilarang untuk berkumpul. Dikatakan dia stok per Sabtu, 25 Juli 2020, stock golongan A 28 labu, golongan B 39 labu, golongan AB 23 labu dan golongan O tidak ada. Stock darah sebanyak itu paling tidak menurut dia hanya berlaku untuk tiga hari ke depan.

Untuk mengatasi kekurangan stock darah tersebut, dikatakan Sri pihaknya memang terus melakukan imbauan pada setiap Keluarag Donor Darah (KDD). “Tapi kan sekarang masih dibatasi (pandemi) untuk kumpulnya paling kita ngandelin dari pihak keluarga, donor pengganti. Ungnya pihak keluarga masih ada,” jelas dia.

Melihat kekosongan darah di PMI Sumedang sejumlah kelompok dan warga Sumedang pun bereaksi untuk memberikan donor. Seperti dilakukan Klinik Asa Medika di Kecamatan Wado. Menurut Penaggungjawab Asa Medika, Acep Abidin, melihat tingginya antusias warga untuk memberikan donor darah pihaknya akan menjadi program tersebut sebagai agenda rutin.

Baca Juga  Psikologis Anak Genangan Jatigede, Kabid Disdik Jabar: Tunggu Penyerapan Kabupaten

“Ini baru pertamakali dan Alhamdulillah mudah-mudahan menjadi awal yang baik, dan ke depannya kita lebih banyak lagi pesertanya. Kita menggandeng beberapa komunitas dan diagendakan secara rutin,” ujar Acep.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sumedang Dr. Andri Mulya, Sp.PD mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan masyarakat sangat luar biasa dapat dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19.

“Dimana Darah di PMI sangat stock darah minim. Ketika masyarakat sangat membutuhkannya, dan ASA medika menggelar kegiatan donor ini sangat besar sekali nilai ibadahnya,” ujarnya.

Lanjutnya, kegiatan ini pun dalam rangka hari Bhakti Dokter Indonesia sampai akhir 24 Oktober dan nanti tetap menggalakan Donor Darah.

“Kegiatan seperti ini nantinya menyebar, bukan hanya di Korwil Wado saja, semoga saja di Enam Korwil yang lain pun bisa bekerja dengan organisasi profesi lain mengembangkan kegiatan ini sebagai rutinitas,” demikian Andri Mulya.

Kepala Kelurahan Pasanggrahan Baru Prama Prameswara saat dicek tensi darah sebelum dilakukan donor darah. Sayangnya tensinya terlalu tinggi, hingga Prama tak dapat memberikan darahnya.

Kepala Kelurahan Pasanggrahan Baru Prama Prameswara saat dicek tensi darah sebelum dilakukan donor darah. Sayangnya tensinya terlalu tinggi, hingga Prama tak dapat memberikan darahnya.

Hal serupa juga dilakukan Karang Taruna Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan, yang melakukan aksi donor darah pada Ahad, 26 Juli 2020. Menurut Heriyana selaku Ketua Karang Taruna Kelurahan Pasanggrahan Baru, kegiatan tersebut dilaksanakan setelah pihaknya membaca di media jika stock darah di PMI Sumedang kurang.

Baca Juga  2017, Jalan Citengah Margawindu bakal diperbaiki. Komisi D: Dialokasikan Rp8,1Miliar

“Kegiatan ini terinspirasi dari berbagai informasi dari berbagai media. Di mana di Kabupaten Sumedang, bahwa stock darah di PMI Sumedang semakin hari semakin menipis sehingga banyak informasi dari para pasien yang berada di Rumah Sakit. Sering sekali mengeluhkan kurangnya darah, hingga kami terinspirasi dengan hal itu dan kami bersama Karang Taruna Pasanggrahan baru berinisiatif melaksanakan bakti sosial donor darah ini,” ujar Heriyana.

Dia pun ke depannya berharap kegiatan aksis sosial tersebut akan diagendakan secara rutin.

Kepala Kelurahan Pasanggrahan Baru Prama Prameswara membenarkan pihak Kelurahan bersama dengan Karang Taruna menggelar kegiatan Bakti Sosial donor darah bertujuan untuk membantu PMI dalam hal kekurangan stok darahnya.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk mengisi stock darah yang ada di Kabupaten Sumedang, yang kita tahu bersama bahwa stock darahnya semakin menipis. Ini inisiatif dari karangtaruna sendiri yang kami fasilitasi oleh kelurahan. Alhamdulillah semua berjalan lancar,” jelasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

FEATURE & OPINI

Peningkatan kapasitas perencanaan dalam pengelolaan dana desa pada desa-desa di kawasan Jatinangor
Anggota DPRD Sumedang, Bagus Noerachmat

Pilihan Redaksi

Imbas Jatigede, Ada Tanah yang Belum Dibayar. Dewan: Satker Harus Bertanggungjawab

SUMEDANG

Cawabup Asep Kurnia dan Erwan, Ikuti Pengajian Hari Pers Nasional

Pilihan Redaksi

Jalin Kebersamaan di Internal Partai, PKS Sumedang Gelar Family Gathering
Komandan Kodim 0610/Sumedang, Letkol Arh. Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr memantau Pos Check Point Covid-19 Parakanmuncang Cimanggung. Jumat, 8 Mei 2020.

SUMEDANG

Dandim 0610/Sumedang Tinjau Cek Poin Parakanmuncang

Pilihan Redaksi

Sumedang masuk dalam lima kabupaten/kota di Jabar dilirik investor dalam negeri

SUMEDANG

Tunjangan Perumahan DPRD Dianggap Pemborosan
Sejumlah Pengurus IPSI Kabupaten Sumedang Masa Bakti 2020-2024 foto bersama usai pelantikan, Sabtu 24 Oktober 2020.

SUMEDANG

IPSI Sumedang yang Baru Target Tambahan Emas di Porda 2022