Home / KABAR DARI GEDUNG NEGARA / Pilihan Redaksi

Jumat, 19 Januari 2018 - 02:20 WIB

Pemprov Jabar Siapkan 7 Plt Jelang Pilkada Serentak, Termasuk Sumedang



BANDUNG- Desk Pilkada Provinsi Jawa Barat telah membuat Pedoman Pemetaan Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, dan Anggota serta Pimpinan DPRD yang mencalonkan pada Pilkada Serentak Tahun 2018 di Daerah Provinsi Jawa Barat.

Ketua Desk Pilkada Jabar Iwa Karniwa mengatakan pemetaan ini sebagai acuan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi dalam melakukan fasilitasi administrasi Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah dan Anggota DPRD yang mencalonkan diri pada Pilkada Serentak Tahun 2018.

“Pedoman tersebut telah disosialisasikan kepada Bagian Pemerintahan dan Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota pada rapat tanggal 7 Desember 2017,” katanya dalam rapat koordinasi Desk Pilkada Serentak 2018 yang dipimpin Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Kamis (19/1).

Pihaknya mencatat terdapat 19 orang Petahana Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dari 9 Kabupaten dan 6 Kota yang mencalonkan diri pada Pilkada Serentak Tahun 2018.

Baca Juga  Sesudah 50 Tahun, Sopir Angkot Ini Bisa Tembus Cijeunjing

Yaitu terdiri dari 8 Bupati (Tasikmalaya, Kuningan, Subang, Garut, Cirebon, Sumedang, Ciamis, dan Purwakarta), 3 Wakil Bupati (Garut, Majalengka, dan Ciamis), 5 Walikota (Cirebon, Banjar, Bogor, Bekasi, dan Bandung), serta 3 Wakil Walikota (Bekasi, Sukabumi, dan Bandung).

“Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016, 19 orang petahana dimaksud telah mengajukan permohonan cuti di luar tanggungan negara (cuti kampanye) kepada Bapak Gubernur Jawa Barat,” katanya.

Permohonan ini menurutnya  telah selesai diproses serta akan diberikan kepada Pemerintah Daerah yang bersangkutan pada kesempatan ini.

“Selain itu, akan ada tujuh daerah Kabupaten/Kota yang membutuhkan Pelaksana Tugas (Plt.) yang berasal dari pejabat pimpinan tinggi pratama Pemerintah Daerah Provinsi atau Kementerian Dalam Negeri pada saat Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah menjalani Cuti Kampanye,” paparnya.

Baca Juga  Terjadi Pergerakan Tanah di Cisaham, Warga Terdampak Diimbau Waspada

Untuk 8 daerah Kabupaten/Kota lainnya, yang hanya Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerahnya saja yang mencalonkan diri pada Pilkada Serentak Tahun 2018.

“Ini tidak dibutuhkan Plt melainkan Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah melaksanakan tugas dan wewenang sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” tuturnya.

Iwa yang juga Sekda Jabar ini memastikan pihaknya sudah menyiapkan surat edaran ke kabupaten/kota untuk bersikap netral selama gelaran Pilkada berlangsung. “Saya sudah teken surat edarannya, nanti akan dikirim ke kabupaten/kota,” ungkapnya. (Pun)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Ratusan aparat keamanan melakukan pengawalan eksekusi pengosongan tanah dan bangunan untuk pembangunan Tol Fase 2 di Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara. Selasa, 3 Agustus 2021.

Pilihan Redaksi

Ratusan Personel Keamanan Kawal Eksekusi Pengosongan Tanah dan Bangunan Terdampak Tol Cisumdawu

Pilihan Redaksi

Aparat Desa di Kec. Tanjungsari, Dijejali Wawasan Jurnalis
Wakil Bupati Sumedang yang juga selaku Ketua Kwarcab Pramuka Sumedang, Erwan Setiawan melakukan Persiapan Peringatan Hari Pramuka yang ke-59 Tahun 2020 di Sekretariat Kwarcab Sumedang pada saat Penyampaian Program Kerja Tahun 2020. Kamis 6 Agustus 2020.

Pilihan Redaksi

Ketua Kwarcab Sumedang: Saat Pandemi Covid Tak Ada Jambore Pramuka

Pilihan Redaksi

PPS Desa Wado Woro-woro Agar Tidak Golput

BISNIS

Bekraf Indonesia Akan Gelar Workshop di Sumedang

Pilihan Redaksi

Gegara Main Korek Api, Rumah Osid Terbakar

OLAHRAGA

Masuk Zona Jawa, Perses Sumedang Bakal Hadapi Jatim 6
Penyerahan cinderamata mata kepada purnabhakti di Lingkungan Kantor Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang. Selasa 30 Juni 2020.

Pilihan Redaksi

Potong Tumpeng di Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang Warnai Purnabhakti Ade Guntara