Menu

Mode Gelap

Nasional · 29 Agu 2020 13:28 WIB ·

Pemda Provinsi Jabar Dukung Gerakan Pramuka untuk Membangun Bangsa

REPORTER: RADIO RAJA FM | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Wakil Gubernur Jabar yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 yang digelar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jabar di Aula Sekretariat Kwartir Daerah Jabar, Kota Bandung, Jumat (28/8/20).

ISTIMEWA/HUMAS JABAR HUT PRAMUKA: Wakil Gubernur Jabar yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 yang digelar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jabar di Aula Sekretariat Kwartir Daerah Jabar, Kota Bandung, Jumat (28/8/20).

KOTA BANDUNG, SO — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jabar Uu Ruzhanul Ulum menghadiri peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 yang digelar Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar di Aula Sekretariat Kwartir Daerah Jabar, Kota Bandung, Jumat (28/8/20).

Kegiatan ini diikuti oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka dari 27 kota/ kabupaten se-Jabar secara virtual. Sementara peserta yang hadir langsung di Aula Sekretariat Kwarda Jabar adalah 50 persen dari kapasitas gedung dengan mengikuti protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kak Uu –merujuk sapaan dalam Pramuka– mengatakan, setiap pergerakan Pramuka selalu mengandung nilai gotong royong dan kebersamaan. Hal itu menjadi kunci meningkatkan kekuatan dalam upaya mewujudkan cira-cita.

Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar siap mendukung program Pramuka di Jabar demi membangun generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berkualitas.

Baca Juga  Download Logo Resmi dan Pedoman Panduan Desain HUT ke-73 Kemerdekaan RI

“Pramuka bukan pendidikan tekstual tapi kontekstual, setiap gerakannya selalu mengandung filosofi yang tinggi,” kata Kak Uu.

“Pemerintah Daerah Provinsi Jabar siap bersinergi dengan gerakan Pramuka, khususnya di bidang kepemudaan,” tambahnya.

Kak Uu pun menyampaikan apresiasi atas kerja nyata Gerakan Pramuka Jabar di masa pandemi global COVID-19, mulai dari penyemprotan disinfektan ke rumah warga, pembuatan fasilitas protokol kesehatan bagi publik, serta pembagian pangan dan gerakan kerelawanan lainnya terkait pandemi.

“Saya yakin para Pramuka mengerjakan semuanya dengan sukarela dan ikhlas. Inilah nilai luhur yang terbentuk dari gerakan Pramuka,” ucap Kak Uu.

Pun dalam peringatan Hari Pramuka tahun ini di tengah pandemi, Kwarda Jabar mengembalikan dana hibah berjumlah Rp1 miliar dari Pemda Provinsi Jabar untuk mendukung percepatan penanggulangan COVID-19.

Baca Juga  Tingkatkan Kepercayaan Publik, Polda Jabar Bikin Terobosan Kreatif dan Inofatif

“Kami kembalikan anggaran Rp1 miliar kepada pemerintah sebagai bentuk dukungan dan bantuan gerakan Pramuka kepada pemerintah untuk dipergunakan bagi penanganan COVID-19 di Jabar,” tutur Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar Dede Yusuf Macan Effendi.

Selain itu, di masa pandemi, Dede berujar bahwa Gerakan Pramuka Jabar melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud karakter pramuka yaitu kerelawanan dan pengabdian masyarakat.

“Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kami juga membentuk unit gugus tugas. Tim kami telah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat publik, sampai sekarang pun masih dilakukan,” kata Dede.

“Kemudian, pembagian masker bekerja sama dengan Kwarcab. Kami juga membuka dapur umum,” tambahnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Tahun 2022 Seluruh Anak Yatim Rencananya Bakal Dibantu Negara

13 Agustus 2021 - 16:06 WIB

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Bai Mahdi Sholeh Ma’mun, Pabuaran, Kota Serang, Banten. Jumat, 13 Agustus 2021.

Resmi, PPKM Level 2-4 Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

9 Agustus 2021 - 22:14 WIB

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan perpanjangan PPKM Level 2 hingga 4.

Imbas Covid-19, Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Terima Bantuan Senilai Rp1,2 Juta

30 Juli 2021 - 13:08 WIB

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 secara simbolis kepada 20 perwakilan penerima bantuan, di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021) pagi. Acara ini turut dihadiri oleh penerima BPUM lainnya secara daring.

Kemendagri: Pengurusan Layanan Administrasi Kependudukan Tidak Perlu Sertifikat Vaksinasi COVID-19

29 Juli 2021 - 16:21 WIB

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan bahwa pengurusan layanan administrasi kependudukan (adminduk) taat terhadap aturan perundang-undangan yang berlaku. Tidak ada penambahan persyaratan baru, termasuk sertifikat vaksinasi COVID-19, yang dapat mempersulit masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Kasus Dugaan Penimbunan Obat Covid-19, Polisi Periksa 21 Saksi

29 Juli 2021 - 16:06 WIB

Kapolres Jakbar beri keterangan terkait kasus penimbunan obat Covid di Kalideres.

Ini 27 Exit Tol di Jawa Tengah yang Mulai Dibuka

25 Juli 2021 - 20:46 WIB

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan 27 exit tol yang ditutup selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level 4 mulai dibuka sejak pukul 18.00 WIB. Ahad, 25 Juli 2021.
Trending di Nasional