Home / SUMEDANG

Selasa, 22 September 2020 - 15:11 WIB

Hadapi Pilkades Serentak, Kapolres Sumedang Minta Masyarakat Taati Maklumat Kapolri

Kapolres Sumedang yang sebelumnya AKBP Dwi Indra Laksmana digantikan AKBP Eko Prasetyo Robbyanto dalam prosesi serah terima jabatan, Kamis 17 September 2020.

ISTIMEWA/HUMAS POLRES SERTIJAB: Kapolres Sumedang yang sebelumnya AKBP Dwi Indra Laksmana digantikan AKBP Eko Prasetyo Robbyanto dalam prosesi serah terima jabatan, Kamis 17 September 2020.


POLRES, SUMEDANGONLINE — Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, memerintahkan jajarannya para kepala kepolisian sektor dan Bhabinkamtibmas untuk turut serta menyosialisasikan empat Maklumat Kapolri nomor MAK/3/IX/2020 tentang kepatuhan Protokol kesehatan dalam tahapan pemilihan 2020. Hal itu menurut Kapolres Sumedang untuk menekan dan memutus mata rantai covid 19.

“Di Kabupaten Sumedang pada bulan Desember 2020 rencananya akan dilaksanakan Pilkades sebanyak 88 desa diharapkan dengan diterbitkannya maklumat Kapolri, masyarakat Sumedang lebih memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Kapolres dalam siaran persnya. Selasa, 22 September 2020.

Berikut empat penekanan dari maklumat Kapolri terkait kepatuhan protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada 2020:

1. Pemilihan Kepala Daerah merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat secara konstitusional yang dilindungi oleh undang-undang, maka diperlukan penegasan pengaturan agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Baca Juga  TNI dan Warga Manunggal Bersihkan Irigasi Burujul dari Sampah

2. Untuk memberikan perlindungan dan menjamin keselamatan kepada penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terkait dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19 pada adaptasi kebiasaan baru dengan ini Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan maklumat:

a. Dalam pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020, tetap mengutamakan keselamatan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan pemerintah terkait penanganan, pencegahan, serta protokol kesehatan COVID-19.

b. Penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan pemilihan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan memakal masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Baca Juga  P3D Sumedang, Bidik 10 Ribu Kendaraan Tak Melakukan Daftar Ulang

c. Pengerahan massa pada setiap tahapan pemilihan tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilihan.

d. Setelah selesai melaksanakan setiap kegiatan tahapan pemilihan, semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib tanpa arak-arakan, konvoi atau sejenisnya.

3. Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

4. Demikian maklumat ini disampaikan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat.

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Tak Sesuai, Apdesi Wado Serahkan Surat Penolakan Bantuan Sosial KPM

Pilihan Redaksi

Donny: Kampung Ramadan Event Terbesar GlobalTV
Prajurit Raider 301/PKS dibekali Teknik Komunikasi Sosial Melalui Pembekalan Binsiap Apnonkowil Sumedang. Kamis, 03 September 2020.

Pilihan Redaksi

Prajurit Raider 301/PKS Sumedang Dibekali Teknik Komunikasi Sosial

Pilihan Redaksi

ZA: Ortu harus mempunyai keinginan untuk kemajuan anaknya

Pilihan Redaksi

Ribuan Pelajar SMPN 1 Sumedang Gelar Salat Istisqo

Pilihan Redaksi

Innalillahi, Penyanyi Dangdut Ini Wafat Saat Akan Manggung

Pilihan Redaksi

Jumlah DPT Pemilu 2019 di Sumedang 850.505 Pemilih

Pilihan Redaksi

800 PJU Mati di Jalur Mudik Siap Diperbaiki