Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 8 Sep 2020 14:20 WIB ·

Tugu 0 Kilometer, Sejarah Anyer-Panarukan Diresmikan

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: USEP ADIWIHANDA

Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir tengah selfie di sela meresmikan Tugu 0 Kilometer (KM) yang terletak di jalan protokol Sumedang, Selasa 8  September 2020.

HUMAS PEMKAB SUMEDANG SELFIE: Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir tengah selfie di sela meresmikan Tugu 0 Kilometer (KM) yang terletak di jalan protokol Sumedang, Selasa 8 September 2020.

SUMEDANG, SO – Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir, meresmikan Tugu 0 Kilometer (KM) Sumedang, Selasa 8  September 2020.

“Hari ini bersyukur pada Allah SWT. Ini patokan jarak Sumedang dengan daerah lainnya, Bandung 45 kilometer, nolnya di sini. Dengan Cirebon 60 kilometer, nolnya di sini,” katanya usai peresmian.

Sumedang, salahsatu kabupaten yang dilintasi Jalan Raya Pos, De Grote Postweg yang terbentang dari Anyer-Panarukan sepanjangnya 1.000 km. Jalan itu dibangun pada masa pemerintahan Gubernur-Jenderal Herman Willem Daendels ini, selesai dibangun dalam waktu 1 tahun (1808). Dimana penentuan 0 Kilometernya, berada di Sumedang.

“Jadi dulu itu, setiap 40 kiloan itu ada semacam jarak antar daerah sebagai titik penggantian kereta kuda yang membawa logistik seperti itu. Namanya 0 kilometer,” ujarnya.

Baca Juga  Hati-hati saat Berkerumun, Pusat Kota Sumedang Dipasang CCTV PTZ

Disebutkan bupati, dari Pembangunan Jalan Anyer-Panarukan, melahirkan legenda Jalan Cadas Pangeran yang banyak dikenal kalangan masyarakat karena banyak memakan korban jiwa. Saat itu, ada kisah heroik Bupati Sumedang Pangeran Kusumadinaa IX atau Pangeran Kornel yang bersalaman dengan tangan kiri saat Daendles yang juga dikenal dengan Mas Galak melihat kondisi pembangunan jalan ke Sumedang.

Bupati Sumedang saat itu mengatakan, banyak korban jatuh karena medan yang berat dan peralatan seadanya. Daendles mengambil alih pembangunan jalan dengan melibatkan pasukan Zeni Belanda.

“Pangeran Sumedang waktu itu Pangeran Kornel melawan Belanda, melawan penindasan. Dan alhamdulillah akhirnya Belanda menuntaskan jalan ini,” sebutnya.

Baca Juga  Jumlah Kasus Curanmor di Sumedang Masih Tinggi

Ditambahkan Dony, adanya Tugu 0 Kilometer, diharap menjadi pengingat dan patokan bahwa 0 kilometernya berada di Kabupaten Sumedang. Serta, Pemkab Sumedang sudah mendeklarasikan sebagai kabupaten wisata, sehingga semua tempat harus menjadi destinasi wisata, termasuk 0 kilometer itu.

“Selamanya kita, serang ke Bandung berapa kilo, 45 kilo. Dari mana 0 nya, oh dari sini. Dan kedua, ini bisa jadi tempat wisata selfie untuk pre-wedding sebagainya dan mengingat tentang perjuangan dulu membangun jalan ini,” tukasnya. ***

Facebook Comments Box
sumedangonline.com/2020/09/tugu-0-kilometer-sejarah-anyer-panarukan-diresmikan/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG