Home / SUMEDANG

Senin, 19 Oktober 2020 - 19:08 WIB

Perbup Pilkades Serentak Untuk 88 Desa di Sumedang Masih Digodok

Asisten Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Teddy Mulyono menyampaikan bahwa Perbup Pilkades Serentak tengah digodok, Senin 19 Oktober 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE BERI KETERANGAN: Asisten Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Teddy Mulyono menyampaikan bahwa Perbup Pilkades Serentak tengah digodok, Senin 19 Oktober 2020.


KOTA, SUMEDANGONLINE — Peraturan Bupati (Perbup) terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak untuk 88 desa se-Kabupaten Sumedang, kini tengah digodok. Hal ini, berkaitan dengan tahapan dan jadwal pelaksanaan yang akan berlangsung di tengah pandemi, tepatnya pada tanggal 16 Desember 2020 nanti.

Seperti disampaikan Asisten Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Teddy Mulyono, Senin 19 Oktober 2020. Pihaknya, sedang membahas Perbup Pilkades Serentak bersama Sekdiskominfosanditik, Dinas PMD, Dinkes, Tim Akselarasi Pembangunan, Kodim 0610 Sumedang dan polres Sumedang di Ruang Cakrabuana Setda Sumedang.

Dalam bahsan Perbup Pilkades ditengah pandemi itu, pihaknya membahas sejumlah poin penting. Seperti dalam penerapan protokol kesehatan dalam masa proses kampanye dan juga hari pelaksanaan pemilihan nanti. Sebab prokes ini, akan menjadi salahsatu kelancaran dari suksesnya pilkades serentak di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Bedah Rutilahu Mak Dewi, Koramil Tanjungsari Diapresiasi H Umuh

“Konsekwensinya, apabila prokes tidak dijalakukan secara ketat, ini akan menganggu terhadap hasil dari penyelenggaraan pilkades di desa tersebut. Misalnya, pas pemilihan masyarakat bergerombol, itu bisa diberhentikan,” katanya kepada SUMEDANGONLINE.

Maka dari itu, lanjut Teddy, Perbup Pilkades Serentak yang tengah dibahas ini, akan menjadi dasarnya. Pihaknya juga akan segera mematangkan perbup tersebut, mengingat waktu menuju pelaksanaan pilkades kurang dari dua bulan lagi.

Baca Juga  Covid-19 Meningkat, 5 Robot AUMR Dikirim ke Wisma Atlet dan Surabaya

“Nanti juga disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga pelaksanaan pilkades dapat terwujud dan tersosialisasikan dengan baik. Desa-desa yang akan melaksanakan pilkades, nanti bisa mengacu pada perbup yang tengah dibahas ini,” tuturnya.

Teddy menambahkan, bagi masyarakat yang bekerja di luar desa atau luar Sumedang dan masuk zona merah covid-19, dapat mengikuti pemilihan dengan syarat dikarantina terlebih dahulu.

“Sekurang-kurangnya 14 hari isolasi dulu. Jadi sebelum (pemilihan) harus pulang dan dikasih tahu oleh panitia (pilkades). Dan bagi masyarakat yang tidak bepergian, harus tetap mengikuti 3M,” tukasnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Wartawan SUMEDANG ONLINE, Iwan Rahmat Purnama saat melakukan rapid test oleh Petugas Kesehatan di MPP Sumedang. Selasa, 9 Juni 2020.

Pilihan Redaksi

MPP Sumedang Dibuka, Petugas Lakukan Sampling Rapid Test ke Pengunjung
Seorang warga Sumedang Selatan dijemput tim PSC 119 diduga dia teridentifikasi Covid-19. Berdasarkan informasi diperoleh orang yang dimaksud tersebut saat ini sudah berada di RSUD Sumedang.

Pilihan Redaksi

MAP Terkonfirmasi Positif Covid-19 Sempat Lakukan Perjalanan ke Sejumlah Daerah

Pilihan Redaksi

Pj. Bupati Sumedang Ajak Doakan Korban Gempa NTB

Pilihan Redaksi

[Banjir Lumpur Berulang] Ortu Siswa SMA Negeri 2 Sumedang Ngaku Merasa Dirugikan

Pilihan Redaksi

KH. Hasyim Muzadi Wafat, PCNU Sumedang Imbau Sholat Ghoib dan Tahlil
Wakil Ketua DPRD Sumedang, Titus Diah, saat melakukan inspeksi mendadak ke Posko Chek Point Perbatasan saat pelaksaanaan PSBB di Dusun Songgom Desa Tanjung Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang. Rabu, 29 April 2020.

Pilihan Redaksi

Wakil Ketua DPRD Sumedang: Lihat Langsung 12 Mobil Sarat Penumpang Lolos Pengawasan

JATINANGOR

Di Cimanggung, Sekda Zaenal Alimin jadi imam dan khotib di Shalat Id
Diskominfo Jabar menggelar kegiatan Focus Group Discussion Akselarasi PHBS di GOR Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, Jumat 16 Oktober 2020.

SUMEDANG

Diskominfo Jabar Bekali Warga Sekitar DAS Citarum Terkait PHBS