Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 8 Nov 2020 19:12 WIB ·

Mahasiswa Aceh Lakukan Kegiatan Napak Tilas ke Makam Tjut Njak Dhien

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Mahasiswa Aceh Lakukan Kegiatan Napak Tilas ke Makam Tjut Njak Dhien

ISTIMEWA KEGIATAN MAHASISWA: Mahasiswa Aceh Lakukan Kegiatan Napak Tilas ke Makam Tjut Njak Dhien

SUMEDANG.ONLINE – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sebelas April Sumedang (STIKes SAS) dan Pemerintahan Mahasiswa Universitas Sains Cut Nyak Dhien (PEMA USCND) Langsa melakukan Napak Tilas ke makam Cut Nyak Dhien di Sumedang. Jumat, 6 November 2020.

“Kegiatan Napak Nilas merupakan Program kegiatan PEMA USCND Langsa, Aceh, dan dihubungi SEMA STIKES SAS untuk kerjasama dalam menyukseskan acara ini .Tujuan kegiatan ini untuk merayakan HAUL CUT NYAK DHIEN YANG KE 112 TAHUN dengan tema 06 November 2020 Genap 112 Tahun Nyawa dan Darahku untuk Indonesia Maju,” ungkap Muhamad Kemal Abdul Rajak dari Pema USCND.

Baca Juga  Tebing Setinggi 10 Meter di Cisalak Alami Longsor

Dikatakan dia, kegiatan ini dimotori Presiden Mahasiswa USCND dan diwakili oleh tiga pengurus dari Pema dan empat orang dari SEMA STIKes.

Lanjutnya, ada beberapa kegiatan selama ziarah di makam Cut Nyak Dhien diantaranya Yasinan, Doa, Khanduri Haul dengan beberapa mayarakat dan mahasiswa untuk keberkahan kegiatan. “Ada sedikit sharing dengan pengurus makam tentang kisah hidup beliau semasa di perasingan Sumedang, hingga beliau dikenal sebagai Ibu Perbu, Ibunda Ratu dari Negri sebelah dan banyak lagi sebutanya hingga kisah beliau dimakamkan. Penggurus makam jugak ada sedikit pesan atau keluh kesah yang ingin disampaikan ke Pemerintah Aceh bahwasanya honor yang disalurkan rutin sejak 1990 untuk pengurus makam sudah tidak pernah di terima oleh pengurus makam sejak 2019. Beliau berharap apabila ada anggaran yang disalurkan bisa diterima langsung untuk kebutuhan di tempat bahkan sekarang untuk membayar iuran listrik beliau harus menggunakan anggran sumbangan dari Pengunjung,” jelasnya.

Baca Juga  2019 Bencana Kebakaran Meningkat, 2020 Diminta Waspada Banjir

“Pemerintah Sumedang harus mengusut tuntas permasalahan seperti yang diceritakan oleh pengurus makam Sehingga tidak berprasangka buruk di saat orang Aceh berkunjung ke Sumedang,” tutur Nurdadik wakil SEMA STIKes SAS. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG