FEATURE & OPINI, KESEHATAN, Pilihan Redaksi

Bahaya Juga Keseringan Tatap Layar Laptop dan Ponsel Terlalu Lama, Begini Anjuran Mencegahnya

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Ilustrasi menatap laptop terlalu lama
Ilustrasi menatap laptop terlalu lama | FOTO: DOK. INternet

TERLALU lama menapat layar ponsel atau laptop ternyata berfek bagi kesehatan tubuh. Tidak menutup kemungkinan akan terkena screen fatigue.

Apa itu screen fatigue, laman wecare.id menyebutkan screen fatigue adalah salah satu tanda kelelahan mata yang biasanya disebabkan oleh paparan jangka panjang karena terlalu lama dan sering menatap layar laptop maupun ponsel.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Makanya, jika sahabat sering menatap layar ponsel atau laptop terlalu lama, dan merasa pusing hingga sakit kepala, maka Anda wajib berhati – hati. Alasannya, bisa saja yang Anda alami merupakan penyakit “Screen Fatigue”.

Baca Juga  Kasus Ambruknya Geotheater, Wabup Sumedang: Diserahkan Sepenuhnya pada Aparat

Gejala lain terindikasi screen fatigue yakni sakit kepala, pusing, vertigo, mata berair atau kering, penglihatan kabur, hingga kesulitan saat membuka mata. Tentunya, meskipun bersifat sementara, jika dibiarkan terlalu lama akan berakibat fatal pada kesehatan mata.

Bagi Sahabat yang sedang mengalami atau ingin mencegah Screen Fatigue, berikut merupakan cara yang bisa dilakukan:

Baca Juga  Eni Kembali Daftar Calon Anggota DPD RI

Atur Jarak Layar dan Pencahayaan

Tips yang pertama ini adalah dengan mengatur jarak layar agar tak terlalu dekat dengan mata. Selain itu, sesuaikan juga pencahayaan pada layar dan usahakan untuk tidak menatap layar smartphone maupun laptop pada kondisi ruangan yang redup.

Sering Berkedip

Screen Fatigue biasanya akan membuat mata lebih kering dibandingkan biasanya. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak lupa untuk mengedipkan mata, hal ini dilakukan demi menjaga kelembaban mata dan membuatnya lebih jernih.

Baca Juga  PIRA Beri Peluang Perempuan untuk Jadi Pengusaha

Mengistirahatkan Mata

Masuk ke tips yang terakhir adalah dengan memberikan waktu istirahat pada mata. Anda bisa mencoba aturan 20-20-20 yaitu dimana anda bisa mengalihkan pandangan ke arah atau objek lain sejauh 20 kaki dalam waktu 20 detik saja. Lakukan per 20 menit sekali ya!. ***PMJ NEWS

Tinggalkan Balasan