Menu

Mode Gelap

FEATURE & OPINI · 5 Feb 2021 22:34 WIB ·

Bahaya Juga Keseringan Tatap Layar Laptop dan Ponsel Terlalu Lama, Begini Anjuran Mencegahnya

REPORTER: REDAKSI | EDITOR: REDAKSI

Ilustrasi menatap laptop terlalu lama

DOK. INTERNET SIBUK: Ilustrasi menatap laptop terlalu lama

TERLALU lama menapat layar ponsel atau laptop ternyata berfek bagi kesehatan tubuh. Tidak menutup kemungkinan akan terkena screen fatigue.

Apa itu screen fatigue, laman wecare.id menyebutkan screen fatigue adalah salah satu tanda kelelahan mata yang biasanya disebabkan oleh paparan jangka panjang karena terlalu lama dan sering menatap layar laptop maupun ponsel.

Makanya, jika sahabat sering menatap layar ponsel atau laptop terlalu lama, dan merasa pusing hingga sakit kepala, maka Anda wajib berhati – hati. Alasannya, bisa saja yang Anda alami merupakan penyakit “Screen Fatigue”.

Gejala lain terindikasi screen fatigue yakni sakit kepala, pusing, vertigo, mata berair atau kering, penglihatan kabur, hingga kesulitan saat membuka mata. Tentunya, meskipun bersifat sementara, jika dibiarkan terlalu lama akan berakibat fatal pada kesehatan mata.

Baca Juga  Ara dicurhati fasum fasos di relokasi Jatigede memprihatinkan

Bagi Sahabat yang sedang mengalami atau ingin mencegah Screen Fatigue, berikut merupakan cara yang bisa dilakukan:

Atur Jarak Layar dan Pencahayaan

Tips yang pertama ini adalah dengan mengatur jarak layar agar tak terlalu dekat dengan mata. Selain itu, sesuaikan juga pencahayaan pada layar dan usahakan untuk tidak menatap layar smartphone maupun laptop pada kondisi ruangan yang redup.

Baca Juga  Ini Harapan Sanusi Mawi untuk Sekda Baru

Sering Berkedip

Screen Fatigue biasanya akan membuat mata lebih kering dibandingkan biasanya. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak lupa untuk mengedipkan mata, hal ini dilakukan demi menjaga kelembaban mata dan membuatnya lebih jernih.

Mengistirahatkan Mata

Masuk ke tips yang terakhir adalah dengan memberikan waktu istirahat pada mata. Anda bisa mencoba aturan 20-20-20 yaitu dimana anda bisa mengalihkan pandangan ke arah atau objek lain sejauh 20 kaki dalam waktu 20 detik saja. Lakukan per 20 menit sekali ya!. ***PMJ NEWS

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Bupati Sumedang Targetkan 4 Ribu Anak Tervaksin pada Februari 2022

11 Januari 2022 - 11:50 WIB

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir saat meninjau vaksinasi untuk Anak Usia 6-12 tahun di SD Islam Terpadu As-Samadani, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selasa, 11 Januari 2022.

Sekda Sumedang: Target Stunting Dua Tahun ke Depan Dibawah Satu Digit

20 Desember 2021 - 17:35 WIB

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman saat memberikan keterangan pada wartawan usai Rakor Penyusunan Review Kinerja Intervensi Stunting 2021 di Sapphire City Park Sumedang, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Senin, 20 Desember 2021.

Dinkes Sumedang Sosialiasi Updaya Penurunan Angka Stunting

15 Desember 2021 - 18:33 WIB

Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang menggelar implementasi Gernas dan komitmen penurunan stunting bersama forum Baraya, di hotel Puri Khatulistiwa, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Waspada, Hipertensi Penyakit Tak Menular Tapi Penyebab Tertinggi Kematian di Indonesia

8 November 2021 - 12:16 WIB

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, H. Aan Sugandi saat foto bersama dengan para jurnalis. Senin, 8 November 2021.

Lima Minuman Menyehatkan Mampu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

31 Oktober 2021 - 15:47 WIB

Minuman Sehat

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Trending di Pilihan Redaksi