Pilihan Redaksi, SUMEDANG

FK-OTD Jatigede Tagih Janji Pemda Sumedang Selesaikan Permasalahan Dampak Sosial pada Juli 2021

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan
FK-OTD Jatigede saat menggelar audensi dengan Wakil Ketua DPRD Sumedang. Selasa, 29 Juni 2021.
FK-OTD Jatigede saat menggelar audensi dengan Wakil Ketua DPRD Sumedang. Selasa, 29 Juni 2021. | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANG – Forum Komunikasi Orang Terkena Dampak (FK-OTD) Jatigede mempertanyakan komitmen pemerintah untuk dapat menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan dampak sosial pembangunan waduk Jatigede. Hal itu disampaikan saat FK-OTD melakukan audensi dengan Wakil Ketua DPRD Sumedang. Selasa, 29 Juni 2021.

“Mempertanyakan terkait penyelesaian dampak sosial Waduk Jatigede. Sehubungan pada bulan-bulan ke belakang atau tahun ke belakang, sudah ada kesepakatan bersama antara Pemda, Satker Jatigede dan FK-OTD yang terbentuk dalam SK Bupati. Bahkan diwakili oleh Wakil Ketua DPRD bahwa pemerintah daerah telah sepakat akan menyelesaikan permasalahan pembayaran komplen Jatigede di Juli 2021,” ujar Ade Tarsiman selaku Ketua FK-OTD pada reporter SUMEDANG ONLINE.

Sayangnya kesepakatan itu hingga saat ini seolah tidak ada tindak lanjutnya, terutama berkaitan dengan informasi kapan pelaksanaan pembayaran akan dilakukan. Lantaran hal itu, pihaknya melayangkan surat Audensi pada Bupati Sumedang, dan meminta agar orang nomor Satu di Sumedang itu segera dapat menindaklanjutinya.

“Yang kedua telah disepakati di bulan Juli itu, semua permasalahan dampak sosial waduk Jatigede telah terselesaikan termasuk gugatan Pengadilan Negeri, elevasi dan jalan lingkar. Bahkan bocoran-bocorannya itu akan segera dibayarkan dibulan Juli. Tapi sampai hari ini belum ada informasi kepada kami bahwa kapan akan dibayarnya atau dimulainya,” tandasnya.

Baca Juga  Tol Sudah Dibangun Masih Ada yang Belum Dibayar, Titus: KJPP Harus Dengarkan Keluhan Warga

Menanggapi aspirasi dari FK-OTD, Titus Diah selaku Wakil Ketua DPRD Sumedang meminta Bupati Sumedang untuk dapat menindaklanjuti keinginan FK-OTD untuk melakukan audensi yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan dampak sosial di Jatigede.

“Aden selaku Ketua Forum Komunikasi OTD Jatigede menyampaikan, bahwa ada beberapa poin yang sudah disepakati, sampai hari ini belum juga difasilitasi oleh Pemerintah Daerah. Saya mewakili dari Lembaga DPRD yang sampai hari ini masih terus mengawal, baik komunikasi dengan Pemerintah Daerah ataupun dari pihak Satker Jatigede. Bahwa dari Satker pun sepakat, sekarang itu yang lagi ditunggu itu duduk bersama bagaimana nanti komunikasi antar pemerintah daerah, forum OTD, kemudian beserta Satker. Dan saya selaku wakil Ketua DPRD menginginkan kepada Bupati Sumedang agar segera menindak lanjuti Surat Audensi yang sudah dilayangkan dari FK-OTD karena karena dari Satker pun masih menunggu penjelasan tentang komunikasi antara Pemda kepada Satker Jatigede,” ujarnya.

Baca Juga  Penyampaian Jawaban Lima Raperda APBD 2021 Akan Dibahas Dua Pansus

Titus pun membenarkan pada audensi sebelumnya, pemerintah daeraah telah menyepakati keinginan warga terdampak Jatigede bahkan akan mendorong penyelesaian dampak sosial pembangunan waduk Jatigede terkait dengan elevasi,  jalan lingkar dan gugatan sederhana hasil dari putusan sidang PN yang disepakati dan dianggap selesai gugatan sidang sampai akhir Bulan Juli 2021. ***

Tinggalkan Balasan