Gelar Karya Bakti, Kodim 0610/Sumedang Bantu Pengerjaan Jalan, Saluran Air dan Juga Loneng

FOTO:PENDIM 0610/SUMEDANG

KARYA BAKTI : Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0610/Sumedang melakukan arya bakti TNI Semester 1 TA 2021, Kamis 3 Juni 2021.

Gelar Karya Bakti, Kodim 0610/Sumedang Bantu Pengerjaan Jalan, Saluran Air dan Juga Loneng

REPORTER: IWAN RAHMAT - EDITOR: Redaksi - TERBIT: 2021-06-03 18:21:12

SUMEDANGONLINE, KOTA - Kodim 0610/Sumedang kembali menggelar karya bakti TNI Semester 1 TA 2021, Kamis 3 Juni 2021. Kegiatan dengan tema "Karya Bakti TNI Pengabdian Untuk Negeri" itu berlokasi di Dusun Babakan Teureup RT 01 RW 02 Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang.

Dalam pelaksanaanya, hadir Camat Rancakalong, Danramil 1006/Rancakalong Kapten Arh Rusnendi beserta anggota, Kapolsek Rancakalong beserta anggota, kepala Desa Cibunar beserta aparat Desa Cibunar, Pasiter Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Dede Baharudin beserta tujuh anggota staf Ter Kodim dan warga Dusun Babakan teureup.

Pasiter Kodim 0610/Sumedang, Kapten Inf Dede Baharudin mengatakan, kegiatan karya bakti ini guna membantu pengerjaan infrastruktur jalan desa dengan melaksanakan pembuatan saluran air panjang 85 meter, lebar 25 sampai 30 cm dan tinggi 45 cm. Kemudian pembuatan loneng panjang 1,5 meter lebar 40 cm dan tinggi 40 cm.

“Sehingga ketika menjelang musim penghujan, air mengalir dengan lancar dan bisa terhindar dari banjir dan longsor,” katanya.

Dalam hal ini, para Babinsa bersama dengan aparat terkait lainnya dan warga, perlu memandang untuk merawat jalan dengan memperhatikan saluran air (selokan). Begitu juga loneng-lonengnya, agar suatu daerah dapat  terbebas dari banjir ketika musim penghujan datang dengan jalan yang bagus dan rapih.

“Ini juga  juga bisa meningkatkan produktivitas pertanian serta untuk mengangkut hasil pertanian, maupun memudahkan dalam akses perekonomian desa,” sebutnya.

Dengan mengajak seluruh kalangan yang ada, para Babinsa diharapkan bersama-sama untuk bahu-membahu dalam pengerjaan infrastruktur jalan desa. Kerja bakti yang dilakukan bersama ini, diharapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat terjalin dengan baik.

“Sehingga slogan ‘Bersama Rakyat TNI Kuat," benar benar terwujud,” pungkasnya. ***