Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 8 Juni 2021 - 19:28 WIB

Lebihi Tonase, Truk Besar yang Melintas Jalan Sumedang-Wado Terjaring Operasi ODOL

Sebuah truk yang melintas dilakukan penimbangan saat pelaksanaan Operasi ODOL di kawasan Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Selasa 8 Juni 2021.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE DITIMBANG: Sebuah truk yang melintas dilakukan penimbangan saat pelaksanaan Operasi ODOL di kawasan Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Selasa 8 Juni 2021.


SUMEDANGONLINE, KOTA –  Sejumlah truk besar yang melintas di akses Jalan Raya Sumedang-Wado, terjaring operasi Over Dimensi Over Load (ODOL) di kawasan Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Selasa 8 Juni 2021.

Sejumlah truk yang melintas itu, kedapatan melakukan pelanggaran barupa tonase yang berlebihan serta sejumlah surat yang tidak lengkap. Truk-truk yang melintas itu, dicek menggunakan timbangan portebel Weight In Motion (WIM) untuk mengukur daya angkut dalam rangka pnindakan lebih muatan (tonase).

Operasi ini dilakukan juga, untuk menertibkan kendaraan yang melintas, agar sesuai dengan kelas jalan. Begitu juga, sesuai dengan UU dan peraturan pemerintah yang ada.

Baca Juga  Lima Belas Tahun Mengabdi, Ara Pamit ke Masyarakat Sumedang

“Dalam rangka menyikapi apa yang disampaikan bupati Sumedang, bahwa kegiatan penggunaan jalan raya ini harus sesuai dengan peraturan yang ada. Baik itu dari peraturan dari kementerian maupun lalulintas,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno.

Atang juga menyebutkan, jalur Sumedang-Wado maupun sebaliknya ramai diperbincangkan adanya pelanggaran. Utamanya dari kawasan Cisitu menuju Sumedang kota.

“Oleh karena itu kita sepakat yang bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, Dishub Provinsi Jabar dan juga dengan kepolisian, untuk melakukan tindakan operasi ini,” tuturnya.

Baca Juga  Pelajar Sambut Kedatangan Jokowi

Saat dilakukan penimbang kendaraan truk-truk yang melebihi muatan, hasilnya ditemukan sejumlah truk yang beratnya melebihi tonase. Saat itu juga langsung dilakukan tindakan oleh petugas operasi.

“Kita tidak tembang pilih, mereka harus sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Bagi yang sudar tidak lengkap dan kir sudah mati, kita lakukan penilangan. Dan yang tonasenya berlebihan, kita tindak dengan aturan yang sesuai dan berlaku dengan kita. Karena dengan aturan yang ada, untuk tonase itu 8 ton,” tutupnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan TB Hasanuddin

Pilihan Redaksi

Pencairan Ganti Rugi Jatigede yang Inkrah PN Sumedang Mulai Dibayar
Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir saat melakukan penyemprotan disinfektan di Fasum Fasos yang ada di Kabupaten Sumedang, 21 Maret 2020. FOTO HUMAS PEMKAB SUMEDANG

Pilihan Redaksi

[PANDEMIK CORONA] Warga Sumedang Diimbau untuk Tak Mudik Dulu

SUMEDANG

Seratus Dokter Dilatih Komunikasi Publik
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengunjungi Odading Mang Oleh sekaligus bertemu Ade Londok, di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Kota Bandung, Rabu (16/9/20).

Pilihan Redaksi

Viral, Makan Odading Mang Oleh Serasa Jadi Iron Man
Komandan Kodim (Dandim) 0610 Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah saat melakukan sidak ke posko cek poin perbatasan Kabupaten Sumedang-Bandung di Kecamatan Jatinangor.

Pilihan Redaksi

Kendaraan Dibiarkan Lolos, Dandim Semprot Petugas Cek Poin Jatinangor

KESEHATAN

Ayo Donor Darah, PMI Sumedang Masih Kekurangan Trombosit A

Pilihan Redaksi

Kasih Kode Empat, Dari Madinah Sidik Jafar Doakan Masyarakat Sumedang

Pilihan Redaksi

Krisna Ditunjuk Ketua Komunitas Siber Sumedang