Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 8 Jun 2021 19:28 WIB ·

Lebihi Tonase, Truk Besar yang Melintas Jalan Sumedang-Wado Terjaring Operasi ODOL

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Sebuah truk yang melintas dilakukan penimbangan saat pelaksanaan Operasi ODOL di kawasan Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Selasa 8 Juni 2021.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE DITIMBANG: Sebuah truk yang melintas dilakukan penimbangan saat pelaksanaan Operasi ODOL di kawasan Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Selasa 8 Juni 2021.

SUMEDANGONLINE, KOTA –  Sejumlah truk besar yang melintas di akses Jalan Raya Sumedang-Wado, terjaring operasi Over Dimensi Over Load (ODOL) di kawasan Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Selasa 8 Juni 2021.

Sejumlah truk yang melintas itu, kedapatan melakukan pelanggaran barupa tonase yang berlebihan serta sejumlah surat yang tidak lengkap. Truk-truk yang melintas itu, dicek menggunakan timbangan portebel Weight In Motion (WIM) untuk mengukur daya angkut dalam rangka pnindakan lebih muatan (tonase).

Operasi ini dilakukan juga, untuk menertibkan kendaraan yang melintas, agar sesuai dengan kelas jalan. Begitu juga, sesuai dengan UU dan peraturan pemerintah yang ada.

Baca Juga  Begini Cara Ara Serap Aspirasi Konstituennya

“Dalam rangka menyikapi apa yang disampaikan bupati Sumedang, bahwa kegiatan penggunaan jalan raya ini harus sesuai dengan peraturan yang ada. Baik itu dari peraturan dari kementerian maupun lalulintas,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno.

Atang juga menyebutkan, jalur Sumedang-Wado maupun sebaliknya ramai diperbincangkan adanya pelanggaran. Utamanya dari kawasan Cisitu menuju Sumedang kota.

“Oleh karena itu kita sepakat yang bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan, Dishub Provinsi Jabar dan juga dengan kepolisian, untuk melakukan tindakan operasi ini,” tuturnya.

Baca Juga  #LawanCorona Petani KJA Jatigede Sumedang Semprot Perahu

Saat dilakukan penimbang kendaraan truk-truk yang melebihi muatan, hasilnya ditemukan sejumlah truk yang beratnya melebihi tonase. Saat itu juga langsung dilakukan tindakan oleh petugas operasi.

“Kita tidak tembang pilih, mereka harus sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Bagi yang sudar tidak lengkap dan kir sudah mati, kita lakukan penilangan. Dan yang tonasenya berlebihan, kita tindak dengan aturan yang sesuai dan berlaku dengan kita. Karena dengan aturan yang ada, untuk tonase itu 8 ton,” tutupnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 66 kali

Baca Lainnya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)

Tanpa Biaya Miliaran, Kompepar Golempang Bangun Landasan Pacu Paralayang

18 Januari 2022 - 01:19 WIB

Alat berat yang digunakan untuk meratakan kawasan pacu paralayang di Puncak Gunung Golempang, Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Pemda Sumedang Bantu Kelompok Tani di Desa Rancakalong

11 Januari 2022 - 19:03 WIB

Kelompok Pemuda Tani Putra Mandiri dan Kelompok Wanita Tani Hanjuang Bungur Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang mendapat bantuan sarana produksi pertandi dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Sealsa, 11 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG