Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi
Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.
Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021. | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANGONLINE, IPP: Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

“Saya berharap diadakannya festival kopi ini kopi Sumedang ini bisa lebih dikenal lagi, tidak hanya di Jawa Barat, Nasional, bahkan ke Manca Negara. Karena tadijuga ada dari Deputi Bank Indonesia, yang akan memfasilitasi ekspor kopi ke mancanegara,” ujar Erwan.

Tak hanya itu Erwan juga mengimbau para  petani kopi yang ada di Sumedang agar tidak menjual kopi dengan sistem ijon. Karena hal itu menurut pandangannya akan banyak merugikan mereka.

“Karena kopi dijual dalam keadaan belum matang dengan harga yang murah,” tegasnya.

Sebagai realisasi keberpihakan Pemda terhadap para petani kopi di Sumedang, menurutnya pihaknya akan membantu dari segi permodalan, pemasaran dan pembinaan.

“Pemda juga akan membantu dari sisi regulasi melalui Peraturan Bupati (Perbup) untuk melindungi semua pelaku usaha kopi mulai dari petani (hulu) sampai hilir,” demikian Erwan Setiawan. ***

Tinggalkan Balasan