Menu

Mode Gelap

Halo Polisi · 4 Nov 2021 10:48 WIB ·

Kapolres Sumedang Launching Kendaraan Siaga Bencana

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Waspada akan terjadinya bencana di Kabupaten Sumedang. Kapolres Sumedang menggelar upacara Siaga Bencana dan Launching Kendaraan Siaga Bencana di Mapolres Sumedang. Kamis, 4 November 2021.

ISTIMEWA LAUNCHING KENDARAAN SIAGA BENCANA: Waspada akan terjadinya bencana di Kabupaten Sumedang. Kapolres Sumedang menggelar upacara Siaga Bencana dan Launching Kendaraan Siaga Bencana di Mapolres Sumedang. Kamis, 4 November 2021.

SUMEDANGONLINE, Mapolres: Waspada akan terjadinya bencana di Kabupaten Sumedang. Kapolres Sumedang menggelar upacara Siaga Bencana dan Launching Kendaraan Siaga Bencana di Mapolres Sumedang. Kamis, 4 November 2021.

“Sebagai negara yang berada di daerah rawan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non-alam dan juga oleh ulah manusia, kejadian bencana di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Sampai saat ini kita masih banyak kelemahan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, namun diharapkan mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana. Sehingga dapat mengurangi tingkat risiko dari suatu bencana,” ujar Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto yang amanatnya yang dibacakan Waka Polres Kompol Asep Agustoni.

Dikatakan dia, dengan semakin meningkatnya intensitas bencana dan keragamannya maka upaya penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektoral, terpadu dan terkoordinasi antara pemerintah dan steak holder lainnya.

Ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2010 tentang rencana pembangunan jangka menengah Nasional Tahun 2010-2014, dinyatakan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana menjadi bagian dari prioritas pembangunan nasional yaitu Prioritas Nomor 9 dengan substansi inti lingkungan hidup dan pengelolaan bencana.

Baca Juga  Sanksi Berat Pelanggar Tertib Prokes, Kapolres Sumedang: Dukung Program Pemda

“Khusus mengenai pengelolaan bencana ini lebih diarahkan pada peningkatan kemampuan penanggulangan bencana yang pertama penguatan kapasitas aparatur pemerintah dan masyarakat dalam usaha mitigasi risiko serta penanganan bencana dan bahaya kebakaran hutan. Yang ke dua pembentukan tim gerak cepat (unit khusus penanganan bencana) dengan dukungan peralatan dan alat transportasi yang memadai dilokasi yang rawan dari bencana di wilayah Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Belajar dari pengalaman menghadapi berbagai kejadian bencana di Kabupaten Sumedang, ujar Kapolres, maka dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terencana dan terintegrasi, sehingga pengelolaan bencana dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, kabupaten sumedang yang memiliki kondisi sosio-geografisnya dari pegunungan, memiliki potensi bencana alam yang sangat tinggi khususnya angin kencang, hujan deras, banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Hal ini perlu diantisipasi dengan langkah langkah pencegahan penanggulangan bencana yang bisa meminimalisasi jatuhnya korban jiwa maupun materiil.”

Baca Juga  Polres Sumedang Gelar Apel Pasukan Kesiapan Pengaman Pilkades Serentak 2020

“Momentum apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya. Serta keterpaduan unsur lintas sektoral dan masyarakat yang turut peran aktif dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam.”

“Hal ini perlu menjadi perhatian dan kesiapsiagaan kita, baik personel, peralatan, alsus, dalam mengantisipasi terjadinya bencana untuk mengurangi timbulnya korban jiwa maupun materiil”.

Disamping itu, sebut Kapolres, dalam penanggulangan bencana perlu dipahami filosofi dari penanggulangan bencana yaitu pengurangan risiko bencana yang berupaya menjauhkan rakyat dari bencana,menjauhkan bencana dari rakyat, dan living harmony with disaster atau bisa disebut sebagai hidup berdampingan dengan bencana.

Kapolres dalam kesempatan tersebut juga melaunching dua kendaraan siaga bencana untuk mempercepat mengantisipasi bencana alam yang berada di wilayah Sumedang. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 56 kali

Baca Lainnya

Polres Sumedang Tetapkan Tersangka, Dua Pelaku Tindak Kekerasan Ini Tertunduk Lesu

24 November 2021 - 20:43 WIB

Wakapolres Sumedang Kompol Asep Agustoni

Tak Hanya Sita Ratusan Botol Miras, Polres Sumedang Amankan Penjualnya

12 November 2021 - 14:11 WIB

Dua Warga Sumedang Terlibat Transaksi Narkoba Terancam 20 Tahun Bui

11 November 2021 - 13:24 WIB

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto menunjukkan sejumlah barang bukti pada saat konferensi pers pengungkapan kasus narkotika di wilayah hukum Polres Sumedang. Kamis, 11 November 2021.

Sukses Vaksinasi Malam di Taman Endog, Polres Sumedang Lanjut di Alun-Alun Tanjungsari

5 November 2021 - 10:59 WIB

Sukses menyelenggarakan vaksinasi malam hari di Taman Endog Kabupaten Sumedang, Polres Sumedang melanjutkan program vaksinasi malam hari di Alun-alun Kecamatan Tanjungsari Sumedang. Kamis, 4 November 2021.

Kapolri Copot Tujuh Pejabat Kepolisian

2 November 2021 - 11:48 WIB

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Kapolres Sumedang: Pelaksanaan Pilkades Serentak Berjalan Aman

28 Oktober 2021 - 03:24 WIB

Kapolres Sumedang AKBP. Eko Prasetyo Robbyanto didampingi Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa dan Pejabat Utama Polres Sumedang saat melaksanakan monitoring secara langsung pelaksanaan Plikades di beberapa tempat, Rabu (27/10/2021).
Trending di Halo Polisi