KESEHATAN

Waspada, Hipertensi Penyakit Tak Menular Tapi Penyebab Tertinggi Kematian di Indonesia

Penulis: Fitriyani Gunawan | Editor: Redaksi
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, H. Aan Sugandi saat foto bersama dengan para jurnalis. Senin, 8 November 2021.
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, H. Aan Sugandi saat foto bersama dengan para jurnalis. Senin, 8 November 2021. | FOTO: Fitriyani Gunawan/SO

SUMEDANGONLINE, Dinkes: Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, H. Aan Sugandi menyebutkan hipertensi merupakan salahsatu penyakit tak menular namun merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data yang dimiliki, di Kabupaten Sumedang tercatat 248.173 tercatat hipertensi pada tahun 2020. Sementara untuk tahun 2021 hingga Bulan September, sudah tercatat 124.964 orang atau 50,35 persen. “Untuk target sasaran sendiri, di Desember ini kami menargetkan 80 persen sasaran,” ujar Aan saat jumpa pers dengan para wartawan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Senin, 8 November 2021.

Dikatakan dia, salahsatu faktor yang dapat menimbulkan hipertensi yakni pola makan yang tidak teratur, gaya hidup dan faktor genetik. Sementara yang paling dominan dari semua itu sebut Aan, yakni faktor keturunan.

Disinggung solusi, Aan menyebutkan pihaknya akan melakukan sosialisasi deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular bagi kader Posbindu PTM, dan lainnya. ***

Tinggalkan Balasan