Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 14 Feb 2023 17:32 WIB ·

Bupati Sumedang Lantik PAC ARWT: Inisiator Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) oleh Bupati Sumedang Dony Ahamad Munir di Hotel Taman Melati, Jatinangor. Selasa (14/2/2023). Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) oleh Bupati Sumedang Dony Ahamad Munir di Hotel Taman Melati, Jatinangor. Selasa (14/2/2023).

SUMEDANGONLINE – Disela Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir berharap ARWT menjadi wadah bagi para Ketua RT dan RW dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk gotong royong.

“RT RW berada di level paling bawah yang bisa menggerakkan masyarakat untuk bergotong royong,” kata Bupati Sumedang di Hotel Taman Melati, Jatinangor. Selasa (14/2/2023).

Bupati Dony berharap, Ketua RT RW bisa ikut menginisiasi gotong royong masyarakat dalam berbagai program yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah.

Dikatakan dia, program program tersebut diantaranya seperti Jumat Bersih, Teras Hejo, penanganan stunting, dan masalah kemiskinan, serta pelayanan digital melalui Wa Kepo supaya paham sehingga masalah bisa selesai di tingkat RW.

“Harapannya masalah bisa selesai di tingkat RW dan mereka bisa ikut berpartisipasi untuk gotong royong,” ungkapnya.

Dikatakan bupati, tradisi kegotongroyongan sejatinya sudah ada sedari dulu dan perlu dilestarikan agar nilai-nilai tersebut tidak hilang.

“Dulu membangun rumah tetangga gotong royong. Ikut bongkar bongkar bareng kemudian saling bantu. Itu harus dipertahankan dan RTRW di garda depan,” tuturnya.

Menurutnya, agar nilai-nilai positif tersebut tidak hilang perlu dipelihara oleh seluruh masyarakat dan hal itu menjadi tugas bagi RTRW sebagai garda terdepan untuk mengajak warga agar dipertahankan

“Jadi saya berharap RTRW ini bisa menjadi intrumen untuk meningkatkan partisipasi warga, swadaya masyarakat dan  kegotongroyongan masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Jatinangor beserta Forkopimcam lainnya, Kepala Desa Cilayung, dan tamu undangan lainnya. ***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Peringatan HUT SatpolPP di Sumedang, Rokok Ilegal dan Miras Dimusnahkan Kerugian Negara Tembus Rp12 M

20 Juni 2024 - 16:09 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Kemasan Daging Kurban di Sumedang Pakai Bongsang Tahu

18 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bongsang Tahu jadi alat kemasan Daging Kurban di Masjid Agung Sumedang.

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas
Trending di SUMEDANG