Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 22 Apr 2023 10:50 WIB

Bupati Sumedang Ajak Warga Lestarikan Tradisi Tabuh Beduk

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Bupati Sumedang saat membuka Festival Tabuh Beduk dan Takbir dalam rangka menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah di Halaman Masjid Agung Sumedang, Jumat (21/4/2023). Perbesar

sumedangkab/SUMEDANG ONLINE
Bupati Sumedang saat membuka Festival Tabuh Beduk dan Takbir dalam rangka menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah di Halaman Masjid Agung Sumedang, Jumat (21/4/2023).

SUMEDANGONLINEBupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengajak warga masyarakat Sumedang, khususnya umat muslim untuk melestarikan kearifan lokal tradisi Tabuh Beduk yang dilaksanakan tiap tahun.

“Pertahankan budaya kita ini, lestarikan bersama sama. Karena kegiatan ini ada nilai ibadahnya melalui takbiran. Ada syiar Islam dan juga budaya. Ini nilai-nilai luhur yang sudah menjadi kewajiban kita untuk dilestarikan,” ujar bupati saat membuka Festival Tabuh Beduk dan Takbir dalam rangka menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah di Halaman Masjid Agung Sumedang, Jumat (21/4/2023).

Bupati meyakini bahwa dengan seni dan budaya seperti lomba beduk dan takbir setidaknya bisa menghaluskan budi dan rasa sehingga akan berpengaruh dalam kehidupan menjalankan amal kebaikan.

“Dari seni budaya akan menghaluskan budi rasa kita. Untuk membedakan baik dan buruk sehingga pada akhirnya konsisten, atau istiqomah untuk menegakkan amar maruf nahi munkar,” kata Bupati Dony.

Dikatakan bupati, sebagai even monumental setiap malam Hari Raya Idul Fitri, para peserta festival ikhlas meluruskan niat berkompetisi sambil beramal sebagai syiar Islam.

“Apapun aktivitas yang dilakukan harus bernilai ibadah. Luruskan niatnya. Walaupun lomba tabuh beduk, tetap niatkan untuk ibadah kepada Allah SWT. Niat syiar Islam sehingga aya sampeureun jaga di yaumil akhir,” ungkapnya.

Bupati Dony mengapresiasi panitia penyelenggara yang secara konsisten terus menyemarakkan Ramadan dengan menggelar acara Kampung Ramadan, dimana salah satu acaranya diisi dengan Lomba Beduk dan Takbir.

“Terima kasih kepada Mesjid Agung, Panitia dan Irma yang konsisten menyemarakkan Ramadan dengan tema Kampung Ramadan,” katanya. [*]

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Capaian SAKIP Kecamatan Surian

12 Juli 2024 - 23:49 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia saat memberikan arahannya dalam Roadshow Pembinaan SAKIP Kecamatan Surian di Aula Kantor Kecamatan Surian, Jumat (12/7/2024).

Pj Bupati Sumedang Ingatkan Camat Surian Tingkatkan Pengawasan PBB

12 Juli 2024 - 23:46 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli pada acara Pembinaan SAKIP di Kecamatan Surian. Jumat, (12/7/2024).

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

17 Klub Siap Bertanding di Piala Doamu Cup U-45

11 Juli 2024 - 16:34 WIB

Technical Meeting Dony Ahmad Munir Cup di Cafe Si Bungsu Darmaraja, Sumedang. Rabu, 10 Juli 2024.

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).
Trending di SUMEDANG