Sumedang Creative Festival Tahun 2023, Jumat malam (12/5/2023).

sumedangkab/SUMEDANG ONLINE

Sumedang Creative Festival Tahun 2023, Jumat malam (12/5/2023).

30 Talent Ikut Sumedang Creative Festival

SUMEDANGONLINE – Ribuan masyarakat Sumedang dari berbagai daerah di Kabupaten Sumedang memadati Alun-Alun Sumedang untuk menyaksikan langsung Sumedang Creative Festival Tahun 2023, Jumat malam (12/5/2023).

Sumedang Creative Festival melibatkan 30 talen dari Ikatan Perias Kabupaten Sumedang. Meraka beraksi di menanpilkan kreativitas busana di pelataran Alun-alun. Fashion show dengan tema Glamor Etnik dikolaborasikan dengan iringan Musik dari Revisit dan Ramuda.

Kepala Disparbudpora Nandang Suparman dalam laporannya mengatakan, SCF 2023 menampilkan sub sektor ekonomi kreatif fashion dalam balutan Fashion Show dan subsektor musik dan seni pertunjukan dengan tema Glamor Etnik.

“Terdiri dari 30 talen hasil kerjasama dari Ikatan Perias Kabupaten Sumedang yang dipadukan dan dikolaborasikan dengan sub sektor musik dan seni pertunjukan. Digelar pula gelar produk ekonomi kreatif,” ucapnya

SCF adalah sarana berekspresi, promosi dan apresiasi terhadap karya ekonomi kreatif yang dihasilkan oleh para pelaku komunitas ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang. Berdasarkan pengukuran ekonomi kreatif antar kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Barat pada Tahun 2021 yang dilakukan Disparbudpora Provinsi Jawa Barat, Sumedang menempati posisi Ketiga sebagai Kabupaten Kota Kreatif tingkat Jawa Barat.

“Sumedang menduduki peringkat ketiga di Jawa Barat, kesatu dan keduanya Kota Cimahi dan Kota Bandung. Jadi kalau dibandingkan antar Kabupaten, Sumedang menduduki pertama di Jawa Barat,” ucapnya.

Dikatakan Nandang, di level nasional pun Kabupaten Sumedang dinilai sebagai kabupaten potensial untuk mendapatkan predikat Kabupaten/Kota Kreatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretif.

“Sumedang menjadi salah satu Kabupaten yang ditunjuk oleh Kemenparekraf sebagai lokasi pelaksanaan workshop Tahun 2023 yang akan dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno,” katanya.

Bupati H Dony Ahmad Munir mengatakan, Sumedang Creative Festival (SCF) adalah wujud salah satu Visi Sumedang Simpati yakni kreatif ekonomi-nya.

“Dengan ekonomi kreatif insyaallah akan menjadi penggerak utama dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Sumedang, selain sektor wisata,” ujarnya.

Bupati meyakini dengan adanya ekonomi kreatif, bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang pada akhirnya akan menyejahterakan masyarakat.

“Saya yakin dengan ekonomi kreatif, bisa membuka lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi sehingga pembangunan di Sumedang akan semakin baik,” ujarnya.

Sumedang Creative Festival juga sebagai ajang mempromosikan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Kita akan lihat potensi pelaku ekonomi kreatif yang ada di Sumedang. Selamat menyaksikan. Semua harus bahagia di Hari Jadi Sumedang yang ke-445 ini,” kata Bupati.

Bupati memberikan penghargaan secara simbolis kepada para pelaku ekonomi kreatif Ikatan Perias Kabupaten Sumedang. Acara ditutup dengan penampilan artis Ibu kota asal Sumedang Ucie Sucita yang membawakan lagu-lagu dangdut hits sehingga membuat para penonton yang hadir bergoyang mengikuti alunan lagu. ***