Menu

Mode Gelap

PENDIDIKAN · 21 Mei 2023 19:46 WIB ·

Wakil Bupati Sumedang Buka Gebyar Scout Spensa (GSS) XVI 2020 Tingkat Nasional

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Sebanyak 1.450 anggota Gerakan Pramuka larut dalam kegiatan Gebyar Scout Spensa (GSS) XVI 2020 Tingkat Nasional yang dilaksanakan di kampus SMP Negeri 1 Sumedang, Minggu (21/5). GSS XVII 2023 dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumedang yang juga selaku Ketua Kwartir Pramuka Gerakan Cabang Sumedang  H. Erwan Setiawan dengan ditandai pemukulan pentungan. Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Sebanyak 1.450 anggota Gerakan Pramuka larut dalam kegiatan Gebyar Scout Spensa (GSS) XVI 2020 Tingkat Nasional yang dilaksanakan di kampus SMP Negeri 1 Sumedang, Minggu (21/5). GSS XVII 2023 dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumedang yang juga selaku Ketua Kwartir Pramuka Gerakan Cabang Sumedang H. Erwan Setiawan dengan ditandai pemukulan pentungan.

SUMEDANGONLINE – Sebanyak 1.450 anggota Gerakan Pramuka larut dalam kegiatan Gebyar Scout Spensa (GSS) XVI 2020 Tingkat Nasional yang dilaksanakan di kampus SMP Negeri 1 Sumedang, Minggu (21/5). GSS XVII 2023 dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sumedang yang juga selaku Ketua Kwartir Pramuka Gerakan Cabang Sumedang H. Erwan Setiawan dengan ditandai pemukulan pentungan.

Ketua Pelaksana GSS XVII Ahmad Fadilah Afriza mengatakan, GSS merupakan salah satu kegiatan besar Pramuka Penggalang dan Penegak yang di dalamnya ada pendidikan kode etik kehormatan dalam bentuk janji serta ketentuan moral Pramuka Penggalang dan Penegak yaitu Tri Satya dah Dasa Darma Pramuka. “GSS bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, membina serta menerapkan sikap kemandirian, kepemimpinan, kedisiplinan, kepedulian sosial di lingkungan para anggota Pramuka Penggalang dan Penegak, dan menjadikan anggota pramuka sebagai insan yang kreatif, inovatif, dan patriotik serta menjalin persatuan dan persaudaraan anggota Pramuka,” ujarnya.

Dijelaskan Ahmad, GSS XVII 2023 Tingkat Nasional 2023 Gerakan Pramuka Gugus Depan Sumedang 17089-17090 SMP Negeri 1 Sumedang dilaksanakan dalam bentuk Lomba Jelajah Kota (LJK). “Dalam kegiatan ini para anggota pramuka melakukan penjelajahan, menelusuri wilayah Kota Sumedang serta diuji wawasannya pada saat melakukan penjelajahan tingkat Penggalang SD/MI dan SMP/MTs dan Penegak,” ujar Ahmad.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari pada tanggal 21 Mei 2023. ” Adapun peserta seluruhnya berjumlah 290 regu dan sangga yang terdiri dari Penggalang SD/MI sebanyak 76 regu, Penggalang SMP/MTs 138 regu dan Penegak 76 sangga yang diikuti oleh perwakilan dari Subang, Majalengka, Indramayu, Bandung dan Purwakarta,” kata Ahmad.

Wabup Erwan Setiawan berharap, kegiatan GGS menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan Pramuka di Kabupaten Sumedang. “Para peserta yang merupakan anggota Pramuka Penggalang dan Penegak diharapkan mampu memaksimalkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan melalui GSS,” katanya.

Wabup menyebutkan, Gerakan Pramuka merupakan wahana untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa. “Gerakan Pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya, ucapnya.

Dalam kegiatan Pramuka, lanjutnya, para siswa belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah. “Kita juga bisa belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, bermain di alam bebas, membangun keberanian, tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain, ” katanya.

Selain itu dijelaskan Wabup, para peserta juga akan mendapatkan tambahan pengalaman, keterampilan, persahabatan, penguatan disiplin, rasa tanggung jawab kepada regu dan penghayatan Satya Darma Pramuka. “Saya berharap dengan adanya kegiatan Pramuka ini, dapat terbentuk Pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” katanya.  ***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Suwarno Beberkan Aturan Wajib PPDB di Lingkungan Kemenag Sumedang

12 Juni 2024 - 20:06 WIB

Kasi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, Suwarno menyebutkan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 di Lingkungan Kemenag Sumedang wajib menyediakan jalur prestasi 15%, afirmasi 15%, inklusi 10% dan sisanya melalui jalur reguler.

Masuk Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional, Sofia Dapat Support Pemkab Sumedang

6 Juni 2024 - 23:40 WIB

Sebagai bentuk dukungan, Sofia beserta orangtua serta sekolah diundang bertemu langsung dengan Pj bupati dan Pj Sekda di Gedung Negara, Rabu (5/6/2024) sore.

Pj. Bupati Sumedang Lepas 440 Calon Jamah Haji Gelombang 2

2 Juni 2024 - 15:24 WIB

Pj Sumedang, Yudia Ramli ddampingi Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sumedang melepas sebanyak 440 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Sumedang yang tergabung alam gelombang 2 kloter 23 di Halaman Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang. Minggu, 2 Juni 2024.

Pasca Umrah Wajib, Kondisi 135 Jamaah Haji KBIH Annur dalam Kondisi Sehat

31 Mei 2024 - 09:17 WIB

Sebanyak 135 orang jamaah haji kelompok terbang (kloter) 8 dari KBIH Annur baru saja menyelesaikan umrah wajib saat tiba di Makkah Arab Saudi. Jumat, 31 Mei 2024 Waktu Arab Saudi.

Ada 93 Kades di Sumedang Diperpanjang 2 Tahun Lagi

31 Mei 2024 - 01:03 WIB

Ilustrasi

Wakili Sumedang, Desa Mulyasari Sabet Juara 3 Lomba TTG Posyantek Jawa Barat 2024

28 Mei 2024 - 19:52 WIB

Penghargaan diterima Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Pembangunan dan Kerjasama Desa DPMD Sumedang, Prama Prameswara, mewakili jajaran pemerintahan Kabupaten Sumedang dalam acara yang digelar di Cimahi Tecno Park, Selasa 28 Mei 2024.
Trending di Pilihan Redaksi