Press Release Logistik pada Pemilu 2024 di Kantor Panwaslucam Cisitu. Rabu, 6 Desember 2023.

Igun Gunawan/SUMEDANG ONLINE

Press Release Logistik pada Pemilu 2024 di Kantor Panwaslucam Cisitu. Rabu, 6 Desember 2023.

Panwascam Cisitu Lakukan Pemetaan Kerawanan Distribusi Logistik Pemilu 2024

SUMEDANG – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Cisitu memastikan pihaknya siap untuk melakukan pengawalan logistik pemilu. Termasuk penyediaan gudang logistik yang aman dari kebocoran baik di tingkat kecamatan maupun desa dan PPS.

“Untuk gudang logistik berada di kecamatan dan baru selesai dibangun, renovasi. Jadi dipastikan gudang logistik tersebut aman dari kebocoran (dari air hujan) dan ruangannya juga mencukupi untuk menampung (logistik pemilu). termasuk desa-desa juga sama, jadi aman dari kebocoran dan hal lainnya,” ujar Dr. Encep Iman Hadi S,M.Pd., selaku Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat disela acara Press Release Logistik pada Pemilu 2024 di Kantor Panwaslucam Cisitu. Rabu, 6 Desember 2023.

Lanjutnya untuk mengatasi kerawanan terutama bahan bahan logistik yang berbahan dari kertas, pihaknya memastikan jika bangunan yang sudah mereka siapkan aman dari kebocoran.

“Jadi dipastikan ruangannya itu tidak bocor. Jadi kalau bocor tentu akan berpotensi rusaknya surat suara. Kemudian dipastikan juga tentang dinding dindingnya juga aman dari kebocoran, jangan sampai ketika musim hujan terjadi ruangan yang digunakan tidak sesuai dengan yang diharapkan,” paparnya.

Sehingga pihaknya melakukan crosscek terlebih dahulu gudang yang akan digunakan sebagai antisipasi pencegahan, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Selain antisipasi kerawanan akan curah hujan, pihaknya juga mengantisipasi pendistribusian apalagi hasil pemetaan Panwascam Cisitu ada dua TPS di Desa Cinangsi yang termasuk daerah rawan karena berada di kawasan terpencil.

“Ada 2 TPS yang cukup terpencil di Dusun Cikeusi yang terhubung jembatan, dan kebetulan jembatan itu rusak. Kemarin sudah dipastikan dan suda berkoordinasi dengan PPK dan Pemerintaj Setempat bahwa solusinya adalah memakai kendaraan roda dua,” tambah Nunung Yulia selaku Koordinasi Divisi Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa.

Sementara itu Ketua Panwascam Cisitu Prabudi Eltaufan memastikan pihaknya telah siap dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024, termasuk dalam hal penyediaan gudang.

“Hampir 90 persen kesiapan gudang logistik baik di tingkat kecamatan maupun desa, pps. kita sudah petakan semua, intinya kita siap untuk mengawasi logistik itu bagaimana sampai tepat sasaran terutama. terutama tepat dari sisi kuantitas dan lebih utama dari sisi kualitas,” pungkasnya.***