Tanggapan Pj. Bupati Sumedang Terkait Study Tour Sekolah

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli
sumedangkab/SUMEDANGONLINE
Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli

SUMEANG – Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli mengaku prihatin atas kecelakaan bus yang terjadi di Ciater Subang beberapa waktu lalu. Akibat kecelakaan maut itu 10 siswa serta 1 guru SMK Lingga Kencana Depok meninggal dunia. Sebelumnya pihak sekolah mengadakan study tour sekaligus perpisahan.

“Saya selaku PJ Bupati Sumedang prihatin ada kejadian kecelakaan anak sekolah yang korbannya tidak sedikit,” kata Pj Bupati Yudia. Selasa, 14 Mei 2024.

Baca Juga  Malam Ini PPK se Kabupaten Sumedang Bantu Pengepakan Susu

Atas kejadian tersebut kata Pj Bupati, kegiatan luar sekolah atau study tour menjadi perhatian Pj Gubernur, hingga dikeluarkannya Surat Edaran Gubernur. Dalam surat edaran ini, sekolah diminta memperhatikan kondisi kendaraan yang bakal digunakan. Selain itu kegiatan study tour satuan pendidikan diimbau untuk dilaksanakan di dalam kota di lingkungan wilayah Provinsi Jawa Barat

“Surat Edaran pak Pj Gubernur sudah ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati dengan berpedoman pada edaran gubernur tentang study tour kegiatan sekolah,” imbuhnya.

Baca Juga  RUU Omnibus Law, GOBSI Sumedang Menilai Bisa Kebiri Hak Pekerja

Pj Bupati Yudia menjelaskan, dikeluarkannya Surat Edaran sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi peristiwa serupa.

“Ini menjadi perhatian sehingga pak gubernur menganggap hal ini bagian dari kejadian yang harus diantisipasi sehingga kegiatan study tour diharapkan jangan keluar dari kabupaten,” katanya.

Dengan Surat Edaran itu, meskipun SMA, SMK atau madrasah kewenangannya ada di provinsi, tapi sekolahnya ada di Sumedang, menurutnya tidak salah jika mengeluarkan edaran. Ia menyampaikan bahwa generasi usia sekolah harus dijaga.

Baca Juga  Mau Balik ke Jakarta, Warga Sumedang Harus Buat Surat Izin Keluar Masuk

“Mudah-mudahan di Sumedang tidak terjadi dan segera kami akan koordinasikan di lingkup Pemda Sumedang, dan edaran itu sudah bisa sampai kepada para kepala sekolah. Kami imbau keseriusan sekolah ketika akan merencanakan study tour harus dicek jangan sewa PO bus asal murah tetapi harus yang menjamin keselamatan,” kata Pj Bupati Yudia. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK