Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi (tengah) saat rapat pleno.

Istimewa/SUMEDANG ONLINE

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi (tengah) saat rapat pleno.

Hasil Verfak KPU, Hendrik-Luky Kurang 3.131 KTP Dukungan

SUMEDANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, Hendrik Kurniawan dan Luky Djohari Soemawilaga dinyatakan masih harus melakukan perbaikan.

Hal itu setelah pihaknya melakukan rapat pleno verifikasi faktual (verfak) kesatu dukungan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 di tingkat Kabupaten Sumedang pada Kamis, 11 Juli 2024. Dari hasil verfak yang dilakukan oleh PPS, bakal pasangan calon Hendrik dan Luky, mengantongi dukungan sebanyak 64.108 yang memenuhi syarat, sedangkan batas minimal dukungan sebanyak 67.239.

“Jadi masih kurang 3.131 dukungan untuk dinyatakan memenuhi syarat. Bakal pasangan ini jika ingin lanjut ke tahap berikutnya harus melakukan perbaikan dengan kembali menyerahkan dukungan melebihi dari kekurangan, setelah itu kami lakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual kembali,” ujar Ogi Ahmad Fauzi dalam keterangannya.

Disebutkan dia, Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan verfak dengan menemui daftar nama yang telah mereka pegang secara Sensus dengan menemui langsung pendukung di tempat tinggal atau tempat lainnya. Selain itu, jika PPS kesulitan menemui pendukung di tempat tinggal dan tempat lainnya, dapat meminta narahubung pasangan calon perseorangan dengan mendatangkan pendukung ke tempat PPS atau tempat lainnya yang disepakati. Cara lainnya adalah dengan menggunakan teknologi informasi, misalnya video call dan lain-lain.

“KPU sumedang telah menurunkan ke PPS melalui PPK untuk dilakukan verfak sebanyak 101.042 daftar nama pendukung pasangan calon perseorangan yang telah dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal dan sebaran pada tahapan sebelumnya yaitu verifikasi administrasi,” ungkapnya.

Lanjut dia, dari proses panjang yang dilakukan pasangan calon perseorangan, pasangan calon dinyatakan layak atau tidaknya untuk dapat mendaftar dalam Pilkada Sumedang 2024 akan ditetapkan statusnya memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat pada 19 Agustus 2024, mendatang.

“Jika dinyatakan memenuhi syarat maka pasangan perseorangan bersama pasangan calon lainnya yang diusung partai politik dapat mendaftar pada tanggal 27 Agustus 2024, jika dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maka pasangan calon perseorangan ini tidak dapat mendaftar sebagai pasangan calon dari jalur perseorangan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang 2024,” pungkas Ogi. ***