Home / ARSIP

Kamis, 12 Mei 2011 - 18:55 WIB

PRODUKSI PADI SUMEDANG TURUN DRASTIS



Ilustrasi

SITURAJA, Hama merah atau Tungro menyerang tanaman padi di Sumedang, Jawa Barat. Produksi petani pun berkurang hingga 50 persen akibat serangan hama ini. Petani kian gigit jari karena harga gabah turun lagi.

Mei seharusnya menjadi bulan yang dinanti oleh para petani di Kecamatan Situraja, Sumedang, Jawa Barat. Namun kali ini mereka tidak bisa menikmati hasil panen akibat serangan hama merah atau tungro. Dari satu hektare sawah, seorang petani hanya bisa membawa pulang 1,5 ton padi. Padahal biasanya hasil panen petani di Situraja bisa mencapai tiga ton per hektare. Alhasil, mereka pun kebingungan untuk membiayai kebutuhan hidup yang kian tinggi.

Baca Juga  MOBIL ELF NYUNGSEP DI EBA

Petani di Sumedang, Sumarsih, mengatakan bahwa hama merah atau sesamia inferen mulai menyerang saat padi berumur 14 hingga 21 hari. Awalnya hama penggerek itu tumbuh di akar dalam tanah dan menyebar hingga pucuk daun. Akibatnya tanaman pun mati sebelum tumbuh bulir padi.

Tak hanya produksi padi yang merosot tajam, para petani pun dihadapkan pada masalah harga gabah kering yang terjun bebas. Saat ini, satu kilogram gabah kering dihargai Rp 3.300 per kilogram. Jauh dari harga normal yang mencapai Rp 4.200 hingga Rp 4.500 untuk satu kilogram. Tak heran jika para petani, salah satunya Usa Sutisna, merasa dipermainkan dengan harga gabah yang fluktuatif.

Baca Juga  DON : KISRUH JATIGEDE URUSAN SEKDA

Turunnya produksi padi sangat disayangkan, apalagi Sumedang tercatat sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Barat. Produksi padi sempat mencapai 467 ribu ton pada tahun 2009. Sumedang termasuk kabupaten yang mendapatkan penghargaan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN), karena saat itu mampu meningkatkan produksi padi lebih dari lima persen.(TOW/ULF/www.berita.liputan6.com)

sumber : www.berita.liputan6.com

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

Komunitas Vespa Tepis Tanggapan Negatif

ARSIP

PAN HIBURAN BARENG KADER

ARSIP

DEBU warnai Pembukaan MTQ XXXI

ARSIP

Bulantok, Konser Di Malam Bulan Purnama

ARSIP

TRITURA, Warga Cibogo

ARSIP

CIMANUK, NGOLETRAK

ARSIP

DON : KEAMANAN HARUS PERSUASIF DALAM TINDAKAN KEAMANAN

ARSIP

Dusun Sabagi I Terserang Chikungunya