Home / ARSIP

Sabtu, 2 Juli 2011 - 16:12 WIB

Karang Taruna Darmaraja Persiapkan Gelaran Festival Budaya.



H. Barkah

Darmaraja-Pengurus Karang Taruna Kec. Darmaraja bekerjasama dengan sumedangonline.com menggandeng para seniman dan unsur budayawan untuk menggelar kembali Festival Budaya Darmaraja ke 3, yang akan digelar sekitar awal September 2011. Dalam pelaksanaannya nanti yang bertema

Teupung Lawung Seni Tradisi Darmaraja” kembali panitia akan mendatangkan seniman dari berbagai daerah di Sumedang maupun seniman sumedang yang tinggal di luar Sumedang.

Hal itu disampaikan ketua Panitia pelaksana, Hadi Barkah (30) setelah menggelar rapat persiapan, Sabtu (2/7)
Menurut Hadi, festival bertajuk budaya tersebut, adalah agenda rutin karang Taruna Darmaraja yang dilakukan setiap tahun, guna memperlihatkan eksistensi Darmaraja sebagai cikal bakal lahirnya budaya Sumedang.

Baca Juga  Gempa Cilacap Terasa Hingga Sumedang

“Harus diingat cikal bakal Sumedang itu ya di mulai di Darmaraja ini, termasuk lahirnya berbagai budaya yang berkembang di Sumedang sekarang, untuk itu kami dalam menggelar festival nanti harus matang,” ujarnya.

Hadi mengatakan, suksesnya penyelenggaraan Festival sebelumnya adalah wujud masih kentalnya budaya yang ada di Darmaraja.

“Sebagai ajang bertemunya para seniman, terutama seniman-seniman buhun seperti kesenian koromong yang ada di Darmaraja dan merupakan kesenian buhun yang sempat ada yang mencari dari negeri Belanda. yang harus dilestarikan dan di gali kembali, agar bisa menyokong program yang digulirkan oleh Pemkab yaitu Sumedang Puser Budaya sunda,” jelasnya.

Baca Juga  Kenapa Orang Dari Tatar Sunda Tidak Ada yang Jadi Presiden?

Pada Festival sebelumnya hadir para seniman dan budayawan dari berbagai daerah termasuk dari China dan Meksiko.

“Itulah salah satu kebesaran festival budaya Darmaraja, dan nanti juga kami akan tetap mengundang mereka,” ujar hadi yang merupakan salah satu pendiri sumedangonlin.com.

Hadi berharap dalam pelaksanaanya nanti festival budaya Darmaraja mendapat dukungan penuh dari semua elemen masyarakat Darmaraja khususnya dan Sumedang umumnya.

“Siapa tahu jadi ikon Sumedang dalam gelaran seniman dan budaya,” pungkasnya. (Nan)***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ARSIP

Rossa : Tidak Setuju Infotainment dihentikan

ARSIP

Khitanan Masal Harkesnas ke-46

ARSIP

Sumedang HET PARADIJS VAN JAVA

ARSIP

Drainase Jalan Provinsi Mulai Diperbaiki

ARSIP

KONTINGEN JAMNAS DILEPAS BUPATI SUMEDANG

ARSIP

Aniaya Penumpang, Pejabat Dishub Sumedang belum Ditahan

ARSIP

TDL Naik, Tidak Akan ada PHK

ARSIP

40% Pedagang Pasar Sumedang Bangkrut