Home / SUMEDANG

Jumat, 19 Oktober 2012 - 22:10 WIB

Tak Berizin, Minimarket Ditutup



Satpol PP Sumedang, menutup minimarket tak berijin, Jumat (19/10).
Foto:Azis/Sumeks

KOTA- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumedang menutup minimarket yang diduga tak berizin di Jalan Prabu Gajah Agung, Jumat (19/10) kemarin. Penutupan mini market dilakukan setelah sebelumnya Satpol PP melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke minimarket tersebut dan mempertanyakan perihal surat-surat perijinan kepada pemiliknya.

Dari sidak tersebut, pihak minimarket hanya dapat memperlihatkan ijin domisili dari kecamatan. Sementara izin gangguan (HO), izin mendirikan bangunan (IMB), dan izin usaha tak dapat ditunjukkan. Ironisnya, minimarket telah berperasi sekitar tiga bulan lebih.
Kepala Seksi (kasi) Penyidikan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang Yudhi Prasetyo mengatakan, sidak dilakukan untuk penegakan Peraturan Daerah (Perda) No. 5 Tahun 2000 Tentang Izin Retribusi Gangguan, dan Perda No. 4 Tahun 2000 Tentang Retribusi IMB.

Baca Juga  Pameran Pembangunan Potensi Produk Unggulan Sumedang

“Pihak minimarket tak bisa menujukkan HO, IMB, dan izin usaha. Kita akan beri pengarahan untuk pembuatan izin, namun jika tak mampu menunjukan ijin sampai waktu yang telah ditentukan, maka akan disidangkan ke pengadilan,” tegasnya kepada Sumeks, kemarin.

Baca Juga  FWA dan Belajar di Rumah Pelajar Sumedang Diperpanjang Dua Minggu

Yudhi melanjutkan, minimarket tersebut ditutup untuk sementara, sampai izin selesai.  “Pihak mini market sendiri sudah menyetujui untuk menutup mini market tersebut, jika terhitunbg sejak hari ini (Jumat, 19 Okt), minimarket  masih buka, kami proses,” tadasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Toko MS Mart,  Zaenudin Lubis mengaku, dirinya tak mengetahui tentang ijin tersebut. “Saya fikir, telah sesuai dengan prosedur dan tidak melanggar aturan. Memang hanya adasurat domisili saja. Toko ini telah buka sejak 29 Juni 2012,” terang Zaenudin.(zis)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Selama mudik lebaran, BPJS Kesehatan permudah prosedur pelayanan

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang tinjau lima desa langganan banjir

Pilihan Redaksi

Warga Ujungjaya Mulai Kesulitan Air Bersih

Pilihan Redaksi

Mulai Sabtu, Uji KIR Kendaraan Bermotor di Sumedang akan Gunakan Sistem Digital

Pilihan Redaksi

Sambut Tahun Baru Islam, Warga Karangpakuan Rela Jalan Kaki 4 Kilometer
Proses evakuasi kendaraan bak terbuka yang mengangkut rombongan wisatawan di akses menuju objek Wisata Buricak Burinong Blok Kokoncong Desa Cigintung Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang, Minggu 6 Juni 2021.

Pilihan Redaksi

Mobil Rombongan Wisatawan Masuk Jurang di Buricak Burinong, Satu Meninggal Belasan Luka-luka
Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan diwawancara terkait KBM tatap muka, Senin 2 November 2020

PENDIDIKAN

KBM Tatap Muka di Sumedang Dimulai Januari 2021, Tapi…?

Pilihan Redaksi

Calhaj tak terima visa, jangan salahkan KBIH