Home / SUMEDANG

Senin, 10 Desember 2012 - 20:19 WIB

Ketua DPRD: Aher Layak Dinobatkan Gubernur Caang



Aher meninjau langsung pemukiman penduduk yg mendapatkan program listrik Perdesaan dan menyerahkan simbolis surat-surat administrasinya.

KARAWANG – Ketua DPRD Jawa Barat (Jabar), Irfan Suryanegara, menyatakan jika Ahmad Heryawan layak dinobatkan sebagai gubernur listrik desa. Pasalnya, hanya Pemerintah Provinsi Jabar yang memberikan sambungan listrik gratis ke masyarakat.
“Aher layak dinobatkan sebagai gubernur caang, gubernur listrik desa. Ini harus mendapatkan apresiasi kita semua. Hanya segelintir gubernur yang melakukan hal ini,” ujar Irfan dalam sambutan acara peresmian pembangunan listrik perdesaan 2012, di Cikampek, Karawang, Senin (10/12).
Ketua dewan yang berasal dari Partai Demokrat ini, menjelaskan sebutan Gubernur caang tersebut sebagai bentuk penghargaan atas upaya pemprov yang telah memberikan ribuan sambungan listrik secara gratis. “Ini jujur merupakan keberhasilan pemerintah yang ada. Ini harus mendapatkan apresiasi kita semua,” jelas Irfan disambut tepuk tangan ribuan penerima program listrik gratis.
Pada acara tersebut diresmikan sekitar 15 ribu sambungan listrik baru untuk Wilayah I Bogor dan Wilayah II Purwakarta. Bulan sebelumnya juga sudah diresmikan sebanak 11 ribu sambungan listrik baru untuk Wilayah III Cirebon. Total pada 2012 ada 26 ribu sambungan listrik baru yang diberikan secara gratis oleh pemprov Jabar.
Dalam kurun 2008-2012 pemprov Jabar sudah memberikan sambungan listrik gratis sebanyak 71.245. Sehingga ada peningkatan rasio elektrifikasi secara signifikan, dari 64% menjadi 73%.
Ahmad Heryawan menyambut baik dukungan yang diberikan Ketua DPRD untuk membuat Jabar lebih terang. “Kalau dari rasio elektrifikasi rumah tangga memang masih ada sekira 27% lagi, atau sekitar 3 jutaan, tapi kalau dari sisi sambungan ke desa pada 2010 kita sudah 100%,” papar gubernur yang biasa disapa Aher ini.
Untuk sambungan ke rumah tangga yang sekira 27% lagi, Aher menargetkan dalam tiga tahun ke depan bisa terselesaikan. “Kita optimis dalam tiga tahun lagi Jabar bisa caang 100%. Karena Jabar memiliki penghasil listrik terbesar di indonesia,” tandasnya bersemangat.
Dukungan dan apresiasi yang sama juga diberikan oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementrian ESDM Hasril Nuzahar. “Kita sangat menghargai upaya Pemprov Jabar, hanya sedikit pemda yang peduli seperti ini,” jelas Hasril dalam sambutannya mewakili Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM.
Hasril berharap Jabar bisa segera mengikuti jejak provinsi DKI Jakarta yang sudah menerangi semua wilayahnya. “Baru Jakarta yang sudah 100%, Jabar mudah-mudahan bisa menyusul,” ujarnya.(*/rls)

Baca Juga  Pembunuh Ibu Kandung Terancam 15 Tahun Penjara
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Intentisas Hujan Tinggi, Pinggir Sungai Cipeles Longsor

Pilihan Redaksi

Gempa Tasikmalaya Terasa Hingga Sumedang

Pilihan Redaksi

Hujan, tebing TPT di Citatah ambrol timpa rumah Iwan
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Haul Akbar di Pondok Pesantren Futuuhiyah, Kab. Cianjur, Selasa (15/9/20).

SUMEDANG

Uu Ajak Masyarakat Jabar Jaga Ulama

Pilihan Redaksi

Awas, Cadas Pangeran Rawan Longsor

Pilihan Redaksi

Alasan Anggaran, Gedung IPP ‘Dibiarkan’ Bocor
Sebanyak 29 bakal calon kepala desa di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang mengikuti tes swab antigen di Aula Kantor Kecamatan Sumedang Selatan. Rabu, 11 Agustus 2021.

Pilihan Redaksi

Sebelum Ikut Seleksi Besok, 29 Balon Kades di Sumedang Selatan Diswab Antigen

Pilihan Redaksi

Disnakertrans Pastikan Pekerja Pabrik di Sumedang Besok Libur