Home / PENDIDIKAN

Selasa, 4 Desember 2012 - 23:57 WIB

QBaca, Digitalisasi Sejuta Buku



Penandatanganan MoU antara Pt Telkom dengan 16 penerbit dalam acara pembukaan Pameran Buku di Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor, Sumedang, Senin (3/12/2012).

UNPAD – Dunia maya menjadi salahsatu tantangan tersendiri dalam dunia pernebitan saat ini, karena dengan satu kalimat orang sudah dapat dengan mudah mencari referensi sumber tulisan.

Untuk menyikapi tantangan duni maya tersebut Ikatan PenerbitIndonesia(Ikapi) Jawa Barat (Jabar) meluncurkan program QBaca Digitalisasi Sejuta Buku. Program brilian yang diluncurkan Ikapi Jabar ini bekerjasama dengan Pt Telkom, memudahkan pemilik gadget untuk mendapatkan informasi yang seluas-luasnya.

“Saat ini saya melihat gadget itu hanya dipergunakan untuk fungsi komunikasi saja, sementara fungsi informasinya kurang dikembangkan,” ujar Wakil Ikapi Jabar, Mahpudi, di Bale Santika, Kampus Unpad Jatinangor dalam Pameran Buku bertajuk Pesta Diskon 2012.

Baca Juga  Berteduh, 3 Orang Tewas Tersambar Petir

Lanjutnya, dengan system digitalisasi buku tersebut akan memberikan manfaat besar bagi pembaca hingga pelosok. Karena menurut survey yang dilakukan Ikapi, selama ini jumlah toko buku jauh lebih banyak diperkotaan, sementara jumlah counter hp merata hingga di pedesaan.

“Dengan QBaca, faktor penghambat penerbitan selama ini, seperti ongkos cetak, distribusi dapat terpangkas. Hingga buku tak hanya terbatas dibaca oleh orangkotasaja, tetapi juga oleh masyarkat di pelosok, hingga keinginan untuk mencerdaskan kehidupan baca akan merata, menerbitkan buku sama mudahnya dengan kita menulis di blog,” kata Mahpudi.

Baca Juga  Toko Moderen Akan Ditinjau Ulang

Ia pun mengaku tak khawatir dengan munculnya QBaca, akan mematikan usaha penerbitan buku terutama penerbit yang mempunyai percetakan. “Karena buku yang secara online terpopuler, biasanya diburu masyarakat versi cetaknya. Sehingga kalau dulu cetak baru dipikirkan bagaimana promosi secara online sekarang kita balikan,” jelasnya.

Di tempat yang sama perwakilan Telkom, Ahmad Sugianto, menyambut baik ide brilian dari Ikapi Jabar tersebut. Sebagai penyedia aplikasi, ditekankan Anto –sapaannya-, dirinya tak akan masuk ke ranah apakah nantinya content yang diterbitkan secara digital itu akan free atau premium. “Kalau urusan itu saya serahkan ke Ikapi,” tutur Anto.(DEDE/ATIS)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

Kunjungi SMK Negeri Situraja, Demiz Sebut Akses Pendidikan Itu Penting

PENDIDIKAN

DANA BELUM CAIR, REHAB TETAP BERLANJUT

PENDIDIKAN

Hasen: Siswa Madrasah Tak Hanya Jago Dakwah tapi Juga Sains

PENDIDIKAN

Sambut Baden Powell, SMPN 2 Jatinunggal Selenggarakan Lomba Dujati Scout Creation

PENDIDIKAN

Kemenpora Gelar Diklat Pemberdayaan Pemuda
Sejumlah kepala SMP saat mengikuti ajang apresiasi kepada guru dan kepada sekolah pendidikan menengah dan pendidikan khusus yang berdedikasi, inovatif, dan inspiratif.

PENDIDIKAN

Kepsek SMPN 1 Cimalaka Masuk 10 Besar Kategori Kepsek Inspiratif Skala Nasional
Agus Wahidin selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang didamping Pejabat Struktural dan Fungsional pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang saat launching kelulusan SD di Negeri Tegalkalong Kecamatan Sumedang Utara. Senin 15 juni 2020.

PENDIDIKAN

16 Ribu Siswa SD di Sumedang Hari Ini Dinyatakan Lulus

PENDIDIKAN

Hari ini, 121 Mahasiswa AMIK Al-Masoem Diwisuda