Home / DAERAH

Selasa, 5 Februari 2013 - 08:50 WIB

Puluhan Rumah Terancam Longsor



CIBUGEL– Sedikitnya 10 rumah di Dusun Antara, Desa Tamansari, Kecamatan Cibugel terancam longsor. Itu setelah tebing setinggi 50 meter yang berada di sekitar pemukiman warga mengalami longsor, Senin (4/2) dini hari.

Longsor di Dusun Antara, mengancam puluhan rumah dan terputusnya jalan antara Darmaraja-Cibugel

Longsor di Dusun Antara, mengancam puluhan rumah dan terputusnya jalan antara Darmaraja-Cibugel

Bahkan menurut beberapa sumber Sumeks, imbas dari longsoran itu tak menutup kemungkinan akses jalan penghubung antara Kecamatan Darmaraja dan Cibugel terancam putus. Pasalnya longsoran tebing itu tepat satu meter di bibir jalan.

“Saya benar-benar kaget pas kejadian itu karena suara gemuruhnya sangat terasa. Bahkan siangnya saya melihat akibat longsor itu sekarang ada semacam aliran air kecil,” kata Dede (37) warga setempat kepada wartawan, Senin (4/2).

Meski tak ada korban jiwa, namun akibat longsoran dengan lebar 60 meter dan kedalaman 30 meter itu mengundang rasa was-was warga.

Baca Juga  Hm, Setiap Hari Ada Saja Anggota Dewan Bolos

“Setiap ada hujan itu saya merasa ketakutan, karena sebelumnya juga hujan deras mengguyur. Pas pagi saya melihat jalan sudah longsor, saya khawatir jika kejadian ini dibiarkan akan menyebabkan jalan Darmaraja-Cibugel terputus,” terang Suhatma (40).

Dihubungi secara terpisah, Kepala Desa Tamansari, Iin Indrayana, membenarkan tentang adanya kejadian longsor di wilayahnya. Bahkan ia menyebut, selain di lokasi yang saat ini terjadi longsor, ada beberapa titik lain yang mengalami hal serupa namun dengan intensitas ringan. “Rata-rata penyebabnya karena adanya titik jenuh tanah akibat hujan yang lebat, kami terus melakukan pendataan dan pemetaan titik rawan longsor untuk mengantisipasi agar tak terjadi sesuatu yang tak diinginkan,” kata Iin.

Salahsatu upayanya, sebut dia, pihak kepala Desa Tamansari telah melakukan pemberonjongan bambu di lokasi longsoran, namun karena lokasinya terbilang parah. Hal itu perlu membutuhkan bambu dalam jumlah banyak. “Sebelum adanya penanganan dari pemerintah kabupaten, ya kita berupaya maksimal. Dengan memasang bambu, terutama sekali yang dekat dengan pemukiman untuk mencegah longsoran terjadi kembali,” jelasnya.

Baca Juga  Iwan Diduga Tenggelam di Jatigede

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Sumedang, Dadang Romansyah menyebutkan, pihaknya akan segera membantu dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Ia mengatakan, jika di Kecamatan Cibugel, terdapat beberapa titik yang berpotensi longsor, karena letak geografisnya yang berbukit dan tebing.

”Kita akan terus mengupayakan bantuan dan berkoordinasi langsung dengan berbagai unsur seperti dengan badan penanggulangan bencana, dinas sosial dan Dinas PU untuk antisipasi badan jalan yang terancam kena longsor,” jelasnya.

Dadang berharap, dengan adanya kejadian itu masyarakat di Kecamatan Cibugel dapat tetap tenang dan sabar, karena penanggulangannya akan secepatnya dilakukan. (ign)

 

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

DAERAH

Camat: Kata Warga, Longsor Sudah Biasa

DAERAH

Suara Bagus, Tetap Perlu Dukungan SMS

DAERAH

Warga di Kaki Tampomas, Tolak Rencana PLTG

DAERAH

Tina, Nangis Keluar Permata

DAERAH

MAYAT LELAKI MEMBUSUK

DAERAH

Sentral Rumah Sehat di Situraja, Diresmikan

DAERAH

Gakin di Buahdua Belum Terima Balsem

DAERAH

Tanah untuk Relokasi OTD Jatigede, Minta Dilunasi