Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Kades Tidak Boleh Jadi Pelaksana Proyek

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

KOTA-Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BPMPD KBPP) Kabupaten Sumedang, Endi Ruslan, mengatakan pentingnya kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas RT / RW yang diikuti perwakilan RT dan RW se-Kabupaten Sumedang. Ia berharap dengan adanya kegiatan itu diharapkan dapat terlain integritas antara kepala desa, perangkat desa, RT dan RW.

Selain itu kepala desa sebagai pengguna anggaran, sebut dia tidak boleh menjadi pelaksana proyek. “Kepala Desa itu sebagai pengguna anggaran, tidak boleh sebagai pelaksana proyek. Ini yang harus kita perbaiki. Selama ini kan ada yang melaksanakan seperti itu,” papar Endi Ruslan dihadapa sejumlah perwakilan RT dan RW.

Ia mengatakan, dengan adanya UU Desa, diharapkan pemerintahan desa akan menjadi lebih kuat, mandiri maju, dan demokratis. “Artinya maju bisa mengatur pengelolaan keuangan sendiri bisa mempertanggungjawabkan sendiri. Maju tidaknya tergantung dari masyarakat desa itu sendiri. Bisa saja (kemajuan) satu desa yang lain berbeda dengan desa yang lain, bisa saja. Tergantung pencair, sehingga besar anggarannya pula diatur dengan adil, artinya ada pengaturan bobot-bobot mengenai pengaturan keuangan desa ini, ada jumlah KK miskin, luas wilayah, kesulitan geografis antara desa yang satu dengan desa yang lain. Itu bisa berbeda,” terangnya.***

Rep : Iwan Rahmat Purnama

Editor : Igun Gunawan

Tinggalkan Balasan