Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 26 Oktober 2016 - 02:19 WIB

Kades Malaka minta Bendung Rengrang segera direalisasikan



SUMEDANGONLINE: Kepala Desa Malaka, Kecamatan Situraja mendorong pemerintah segera dapat merealisasikan proyek Bendung Rengrang. Alasannya, diundur-unndurnya pembangunan bendungan tersebut, justru pihak desa kerap mendapat tudingan macam-macam.
“Ada warga yang sudah mulai menuding macam-macam kepada aparat desa. Disangkanya kami mendapatkan sesuatu dari proyek tersebut. Oleh karena itu, saya mohon agar proyek ini segera direalisasikan,” kata Kepala Desa Wahyat saat acara puncak peringatan Milangkala ke-38 Desa Malaka Kecamatan Situraja yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Malaka, Selasa (25/6/2016).
Sebagai ketua panitia penyelenggara menyampaikan jika acara milangkala digelar sebagai bentuk rasa syukur atas berbagai keberhasilan dan kemajuan desanya.
“Desa kami yang sekarang penduduknya mencapai 4.700-an jiwa selalu menggelar acara Milangkala untuk mensyukuri apa yang telah kami dapatkan selama ini,” ujarnya.
Lanjut dia, biasanya, milangkala diperingati dengan acara ‘marak lauk’ (menangkap ikan beramai-ramai) di Leuwi Caringin, Sungai Cipeles.
“Berhubung cuaca tidak memungkinkan, kebiasaan Marak Lauk untuk sekarang belum bisa diadakan. Mudah-mudahan ke depannya bisa bersama Bupati kembali, kita terjun ke sungai,” ucapnya.
Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, yang hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi terhadap acara tersebut. Dia pun memuji Desa Malaka, masih tetap memegang teguh tradisi serta budaya warisan leluhur dengan digelarnya Milangkala Desa.
“Milangkala Desa adalah tradisi masyarakat Sumedang yang harus terus dijaga dan jangan sampai padam. Tahun-tahun selanjutnya juga harus terus dilaksanakan,” tuturnya.
Terkait permintaan Kades, Bupati akan mengusahakan agar proyek Bendung Rengrang dapat didorong pelaksanaannya. “Kami akan minta pihak-pihak terkait untuk merealisasikan proyek yang sudah lama direncanakan ini. Kasihan sama Kades yang terus-terusan menjadi pembicaraan warganya mengenai proyek ini,” ungkapnya.***

Baca Juga  Beban Kerja Tinggi Siltap Aparat Desa di Sumedang Belum Cair, Komisi I Minta Segera Dicairkan
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

Genjot Pembangunan, DPPKAD Bidik Pendapatan PBB-P2

SUMEDANG

Hari ini, Gaji Ke-13 Cair
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat meninjau lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Minggu (10/1/2021).

Pilihan Redaksi

Ridwan Kamil Tinjau Lokasi Tanah Longsor di Sumedang
Peresmian dan penyerahan bantuan berupa satu unit Bank Sampah Induk (BSI) secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, secara virtual melalui zoom meeting di Gedung Negara Kabupaten Sumedang. Senin, 15 Juni 2020.

SUMEDANG

Dapat Bantuan Pengolahan Sampah, Bupati: Target Sumedang Bebas dari Sampah

Pilihan Redaksi

HUT Cibuluh Mampu Menarik Perhatian Warga Indramayu

Pilihan Redaksi

OTD Jatigede dan uang

Pilihan Redaksi

Makin Mesra, Pentolan Golkar Hadiri acara Dulur Akur

Pilihan Redaksi

Ini Tanggapan Wabup Sumedang Terkait Putusan Bawaslu Hentikan Kasus Cilengkrang