Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 19 Okt 2016 22:14 WIB ·

Kantor Desa Sirnamulya akan tergerus Tol Cisumdawu, Kades: Minta kejelasan pemerintah

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

SUMEDANGONLINE: Kepala Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Ujang Yusuf, mempertanyakan kepastian pembangunan jalan tol Cisumdawu, yang rencananya akan melintas ke wilayahnya.
Akibat adanya rencana itu, pelayanan pada masyarakat di kantor desa tersebu menjadi terganggu. Pasalnya, jalur tol selain akan menggerus tanah dengan luas 6.600 Ha, juga termasuk bangunan kantor desa, posyandu, dan sekolah dasar. Padahal, kata Ujang, bangunan milik pemerintah desanya tersebut hingga saat ini belum dibayar.

Kantor <a href=

Desa Sirnamulya" width="600" height="450" class="size-large wp-image-17355" /> Kantor Desa Sirnamulya

“Luasnya itu, hampir enam ribu enam ratus meter persegi. Termasuk kantor desa, pembangunan sekolah juga. Sekolah belum dibayar, bangunan desa belum dibayar, posyandu belum dibayar. Semua bangunan aset desa yang ada di Sirnamulya belum dibayar,” kata Kepala Desa Sirnamulya, Ujang Yusuf, pada SumedangOnline, siang tadi.
Lebih lanjut ia meminta pada Pemerintah untuk segera memberi kejelasan apakah wilayahnya benar-benar terlintasi jalur tol Cisumdawu atau tidak. Jika, terlintasi mereka pun berharap pemerintah segera melakukan pembayaran. Ujang juga menyebutkan akibat adanya rencana jalur tol akan menggerus desanya, pelayanan pada masyarakat pun menjadi terganggu.
“Sampai hari ini belum ada realiasi, saya mau menanyakan kepada pemerintah. Tolong untuk pengkondisian desa, kapan mau turunnya, dikarenakan saya sangat terganggu untuk aktifitas layanan di masyarakat,” tambahnya.
Meski demikian, sebut dia, tanah yang merupakan aset desa, memang saat ini belum terkena penggusuran. “Tanah yang aset desa memang belum digusur, dikarenakan masih menunggu pencairan SPK,” sebutnya.
Disinggung rencana pindah kantor desa, dia menyebutkan rencananya pihaknya akan memindahkan kantor desa ke wilayah Bojongcocor Baru atau ke Lapang Batok. Dua opsi itu, lanjutnya tergantung dari pembangunan jalan kabupaten. “Tapi dengan catatan, untuk mengantisipasi warga masyarakat mau mengikuti jalan kabupaten. Bilamana, jalan kabupaten tersebut pindah ke belakang desa, otomatis saya akan pindah ke Lapang Batok atau ke Bojongcocor Baru,” ungkapnya. (iwn)

Facebook Comments Box
Baca Juga  Hasil Rakor Pemkab, BPN dan 12 Camat, Tol Cisumdawu Ditarget Rampung April 2021
Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.

Sambil Menangis Yana ‘Cadas Pangeran’ Sampaikan Permohonan Maaf pada Masyarakat

22 November 2021 - 12:15 WIB

Yana Supriatna, saat menyampaikan permohonan maaf di Mapolres Sumedang. Senin, 22 November 2021.

Heboh Kebohongan Yana Cadas Pangeran, Kini Dia Terancam Tiga Tahun Bui

22 November 2021 - 11:59 WIB

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago
Trending di SUMEDANG