Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Selasa, 18 Oktober 2016 - 23:56 WIB

Peringati HSN, PCNU Sumedang turunkan 10.000 santri ke jalan



SUMEDANGONLINE: Memperinganti Hari Santri Nasional (HSN), PCNU Sumedang akan menurunkan sebanyak 10 ribu santri ke jalan. Hal itu dikatakan Ketua PCNU Sumedang KH. Sa’dulloh pada Konferensi Pers tadi sore.
Kang H Sa’dulloh menjelaskan, Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional karena merujuk pada peristiwa bersejarah yang membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dari para penjajah.
“Resolusi jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada Tanggal 22 Oktober Tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA. KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa, membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu,” paparnya.
Seruan Jihad yang dikobarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari itu membakar semangat para santri Arek-arek Surabaya untuk menyerang markas Brigade ke-49 Mahratta pimpinan Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby.
Kemerdekaan indonesia memang tidak lepas dari para santri dan ulama, karena memang tak hanya tentara yang berperang melawan penjajah, tercatat banyak ulama dan santri yang ikut berperang untuk mengusir penjaah dari bumi Indonesia.
Itulah mengapa tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional oleh pemerintah melalui Keppres No. 22 tahun 2015. tutupnya.
Sementara itu, Eman Sulaeman, S.Pd.I selaku Ketua panitia HSN PCNU Sumedang menerangkan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.
“Kita mulai dengan pembacaan shalawat Nariyyah 1 Miliar pada malam 22 Oktober (malam Sabtu), kemudian pada 22 Oktobernya dimulai dengan upacara Peringatan HSN, Ziarah makam Pendiri NU Sumedang, Kirab 10.000 santri Sumedang, Istighosah dan do’a bersama, dan diakhiri dengan nonton bareng film dokumenter perjuangan NU.”
“Semoga kegiatan peringatan HSN tersebut bisa berjalan dengan aman, lancar, dan sukses,” harapnya. (ayip)

Baca Juga  Erwan Pastikan Tak Ada Jual Beli Jabatan
Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Partisipasi Pemilih Pilgub Jabar Tembus 72 Persen

SUMEDANG

Prioritas Sumut, Perbaikan Infrastruktur

SUMEDANG

BBM Subsidi Kudu Dapat Rekomendasi

SUMEDANG

Hindari Lobang, Pemotor Tabrakan

Pilihan Redaksi

66 Kuda Ikut Festival Kuda Renggong

OLAHRAGA

Venue Pencak Silat siap dipakai ajang bertarung
Sebanyak 20 orang dari Ibu-ibu PKK Dusun Kawung Luwuk, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang mendapatkan pembinaan berkaitan dengan mobile konseling di Balai Desa Linggajaya. Kamis, 9 Juli 2020.

SUMEDANG

Polres Sumedang Gelar Mobile Konseling di Lembur Tohaga Lodaya

Pilihan Redaksi

BPN: Ada 634.541 Bidang Tanah di Sumedang Belum Terdaftar