Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Warga protes, diduga tower selluler tak berijin akan diaktifkan

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
Ilustrasi | FOTO:  

Sumedangonline.com, SUMEDANG – Pembangunan tower seluller di Desa Cikeusi, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang yang sebelumnya sempat mangkrak karena ditolak keberadaannya oleh warga di sekitar lokasi tower, mendadak ada informasi akan diaktifkan.

Mendapat informasi itu, warga di sekitar lokasi tower mengaku kaget, karena tidak ada pemberitahuan lagi. ”Tidak tahu kalau tower ini akan diaktifkan,” kata Eti yang juga ketua RT 02 di mana lokasi tower itu berada.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Saat didesak apakah dirinya pernah memberikan izin, Eti pun keukeuh tidak pernah memberikan izin untuk pendirian tower. “Teu aya (izin) upami ayeuna badi diaktifkeun teu aya, matak abdi ngahuleng ge aya naon?” ujarnya.

Baca Juga  Terpeleset, Wulan Wafat Saat Akan Ziarah di Cisurat Wado

Perlu diketahui tower tersebut dibangun sekira Tahun 2013/ 2014, meski mendapat protes dari warga sekitar namun proyek pembangunan tersebut terus berlanjut hingga tower berdiri. Setelah berdiri tak ada aktifitas lagi, karena memang saat itu warga sekitar mempertanyakan tentang izin.

Sementara Kepala Desa Cikeusi Tajudin Apandi mengaku hingga saat ini dirinya pun masih kebingunan berkaitan tower seluler tersebut, karena belum ada tembusan dari pihak manapun untuk mengaktifkan tower itu.

Baca Juga  Menara Sutet Cikahuripan, Berumur 13 Tahun

”Saya belum dapat tembusan, nanti saya lihat perkembangannya dulu, sambil terus berkoordinasi dengan kecamatan,” kata Tajudin.

”Kita lihat dulu izin warganya, karena saya bukan mengizinkan atau tidak, tapi warga di sini dulu yang mengizinkan,” imbuhnya.

Disinggung apakah dirinya mengetahui perizinan awal tower tersebut, lagi-lagi Tajudin menggelengkan kepala.  ”Saya belum tahu, karena berkas yang dulu juga saya belum tahu. Dulu, katanya sebelum saya jadi kepala desa. Itu tower sudah ada, cuman memang belum aktif. Sekarang ada informasi mau diaktifkan, nanti kita koordinasi dengan kecamatan,” tambahnya

Baca Juga  PLN: Hari Ini Masih Ada Pemadaman Listrik

Sementara Camat  Darmaraja Agus Kori Hidayat mengungkapkan jika tidak bisa memperlihatkan izin maka pihak kecamatan akan menutupnya sekaligus menugaskan Satpol PP ke lokasi keberadaan tower yang diduga tak berijin dari warga setempat hari Rabu 14 juni 2017. ***

Tinggalkan Balasan