Home / BISNIS / Pilihan Redaksi

Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:12 WIB

Keuntungan Bagi Pelaku Usaha, Transaksi Non Tunai Cegah Kejahatan Pencurian

Pelatihan Wartawan Ekonomi digelar oleh Kanwil BI Jabar,  Jumat (20/10/2017) di Garut.

  WHATSAPP IMAGE 2017-10-20 AT 13.06.59: Pelatihan Wartawan Ekonomi digelar oleh Kanwil BI Jabar, Jumat (20/10/2017) di Garut.


GARUT-Bank Indonesia menjelaskan manfaat penggunaan transaksi non tunai di jalan tol dan berbagai tempat transaksi lainya. Selain membawa manfaat bagi pengguna, transaski non tunai juga membawa sejumlah manfaat bagi para pelaku usaha.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh pelaku usaha diantaranya transaksi non tunai dapat mencegah terjadinya kejahatan. Kejahatan yang menimpa tempat perbelanjaan sering kali terjadi karena faktor menariknya yakni uang tunai yang ada.

“Selain bagi pengguna,  pelaku usaha juga mendapat banyak manfaat.  Diantaranya yang paling terasa yakni dapat mencegah praktek tindak kejahatan,  seperti pencurian dan perampokan yang menimpa tempat perbrlanjaan,  seperti di minimarket dan tempat lainya,  ” kata Hermawan Novianto,  Kepala Tim Sistem Pembayaran Non Tunai Bank Indonesia Kanwil Jabar, didampingi Humas, Yayan Istiandi saat  diwawancara pada kegiatan Pelatihan Wartawan Ekonomi yang digelar oleh Kanwil BI Jabar,  Jumat (20/10/2017) di Garut.

Baca Juga  Jajal Batudua, atlet PON asal Papua ini mendarat darurat

Selain itu,  Hermawan mengatakan,  pihak pelaku usaha tidak perlu direpotkan dengan adanya uang kembalian. Ia mencontohkan,  Jasa Marga setiap harinya memerlukan sekitar Rp 2 Miliar perhari untuk menyediakan uang kembalian.  Sementara dengan transaksi non tunai hal itu bisa dihapus dan traansaksi bisa lebih cepat.

“Salah satu faktor yang memperlambat transaksi adalah adanya uang kembalian.  Nah,  dengan non tunai,  itu bisa dipangkas dan waktu transaksi tentu lebih cepat, dan bebas uang palsu,” lanjutnya.

Baca Juga  Doamu: Dana Desa, Instrumen Pembangunan untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Selain itu,  transaksi non tunai juga dapat mempermudah pelaku usaha dalam penyelenggaraab tertib adaministrasi di setiap sektor usaha yang dijalankan. ”Administrasi keuangan perusahaan juga juga bisa lebih tertib,” imbuhnya.

Hermawan menambahkan, pihak BI tidak memungkiri masih banyak masyarakat bertanya-tanya tentang manfaatnya. Pihak BI berharap dengan digalakannya transaksi non tunai dapat lebih mendorong pertumbuhan ekonomi dibandingkan transaksi tunai.

Lebih lanjut Hermawan juga menambahkan, manfaat bagi Pemerintah, transaksi non tunai sesuai arahan Pemerintah Pusat akan membuat tata kelola menjadi lebih baik dan mencegah korupsi. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

KABAR DARI GEDUNG NEGARA

Wabup Buka Muscab Luar Biasa Pramuka

Pilihan Redaksi

Ini Harapan Ketua Pokja Jurnalis Setda Sumedang ke Pemkab
Wakil Ketua DPRD Sumedang, Titus Diah.

Pilihan Redaksi

Muncul Masalah Seksi 1, 2 dan 3 Tol Cisumdawu, Titus Minta Pemkab Duduk Bersama Pihak Terkait

Pilihan Redaksi

Buntut Pembongkaran Ruang Kelas, Tujuh Kepala SD Dipanggil Polisi
Siaran Pers terkait Perkembangan Covid-19 selama PPKM Darurat di Kabupaten Sumedang. Selasa, (06/07/2021)

Pilihan Redaksi

RSUD Sumedang Hanya Layani Pasien Covid-19 Katagori Berat
Pemain Argentina merayakan gol Federico Fazio saat melawan Singapura.

Bola

Terlalu tangguh, Argentina lumat Singapura 6-0

OLAHRAGA

Pemuda Harus Bergerak Atasi Darurat Sampah

Nasional

Menpora: Kreativitas Generasi Muda Indonesia Harus Didukung Pemerintah