Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Senin, 23 Juli 2018 - 16:19 WIB

Dony Ingin Budaya Rancakalong jadi Seperti Balinya Sumedang



SUMEDANGONLINE – Rancakalong, Upacara adat ngalaksa, untuk kedepannya diharapkan bisa menjadi agenda Kabupaten Sumedang yang mandiri. Salah satu pendukung acara upacara tersebut adalah seni tarawangsa yang di gelar rutin tiap tahun di Desa wisata Rancakalong.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Mumun Sutarsa saat membacakan laporannya pada pembukaan upacara adat ngalaksa di panggung 1, Terminal Rancakalong, Senin (23/7/2018).

Menurutnya, upacara adat ngalaksa diselenggarakan berdasarkan Peraturan Bupati Sumedang Nomor 113 Tahun 2009 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS).

“Upacara Adat Ngalaksa yang diselenggarakan hari ini merupakan puncak dari berbagai macam kegiatan yang sudah dimulai sejak tanggal 4 Juli 2018 lalu dan akan dilaksanakan selama 7 hari kedepan (sampai dengan tanggal 29 Juli 2018),” kata Mumun.

Pj Bupati Sumedang, Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto dalam sambutannya yang dibacakan Pj. Sekda Kab. Sumedang, Ir. H. Amim, MM mengatakan upacara adat ngalaksa merupakan salah satu kekayaan budaya yang telah menjadi milik masyarakat Sumedang. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan aset yang tak ternilai dalam rangka pencapaian sasaran-sasaran pembangunan daerah.

Baca Juga  PMDS bakal kembangkan potensi wisata di Sukaratu

“Kabupaten Sumedang telah melaksanakan kebijakan Sumedang Sebagai Puseur Budaya Sunda dan lebih menitikberatkan pada pemberdayaan daerah di segala bidang dan aspek kehidupan, khususnya di bidang budaya dan pariwisata, ” ujarnya.

Sementara itu, Bupati terpilih H. Dony Ahmad Munir., S.T. , MM yang turut hadir dengan Wakil Bupati terpilih, H. Erwan Setiawan, SE dalam kesempatan tersebut mengungkapkan apresiasinya atas animo masyarakat menyambut kegiatan upacara adat ngalaksa. Selain itu, Doni juga mengungkapkan harapannya agar dimasa yang akan datang, Rancakalong, dengan seni budaya yang dimiliki bisa menjadi Balinya Sumedang.

Baca Juga  Gubernur Jabar Minta Pemda Sumedang Tegas Menindak Pelanggar Tata Ruang

“Saya sebagai Bupati terpilih periode 2018-2023 menghaturkan banyak terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Mudah-mudahan, setelah kami dilantik nanti, bisa merangkul seluruh masyarakat Sumedang. Mengenai kegiatan upacara adat ngalaksa ini, saya dan pak Erwan akan mendukung supaya upacara adat ngalaksa yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya bisa lebih meriah lagi,” kata Dony.

Dikatakan Dony lebih lanjut, upacara adat ngalaksa diharapkan bisa terus dilestarikan dan berkembang. Selebihnya, diharapkan juga menjadi budaya yang terkenal yang berasal dari Sumedang serta dapat menjadi agenda yang wonderful Indonesia.

“Terima kasih saya haturkan kepada masyarakat Sumedang, khususnya warga Rancakalong yang sudah menyambut kami dengan sangat meriah. Hal ini mebuktikan bahwa masyarakat bersama-sama dengan pemerintah akan terus bersatu untuk memajukan Sumedang,” ungkap Dony diakhir sambutannya. ***Bus

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Kader NU Sumedang ikut ToT menggerakan Jam’iyah NU di Sumedang

Pilihan Redaksi

Kapolres Sumedang ajak warga untuk tidak mudah terprovokasi
Pohon Tumbang Timpa Mobil

Pilihan Redaksi

Duh, Pohon Tumbang Timpa Mobil
Anggota DPRD Sumedang dari Daerah Pemilihan Sumedang 5, Asep Kurnia dari Partai Golkar, ada Dudi Supardi dari PAN dan Warson dari GERINDRA, melakukan monitoring dan pengawasan kesiapsiagaan relawan desa terutama dalam melakukan pencegahan penyebaran covid 19 dan peroses pendataan bantuan dari pemerintah.

Pilihan Redaksi

Akur Minta Optimalkan Program Sapa Warga dan Segera Cairkan DD Tahap 2

OLAHRAGA

Zohri Dijanjikan Bonus Menpora
Disela kunjungan kerjanya ke Kecamatan Sukasari dan Tanjungsari, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyempatkan melihat langsung gedung baru SDN Cijolang di Desa Margaluyu Kecamatan Tanjungsari, Kamis (2/7/2020).

PENDIDIKAN

Sarana Prasarana SDN Cijolang Sudah Siap untuk Belajar Tatap Muka

Pilihan Redaksi

Pelajar dan Mahasiswa Sumedang Ikut Jambore Kebangsaan

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Ajak Bangkitkan Bumdes