Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 20 Juli 2018 - 10:31 WIB

DR Dijebloskan ke Tahanan Kejari, Pemkab Sumedang Akan Ajukan Penangguhan Penahan

Penjabat Bupati Sumedang Sumarwan Hadisoemarto

PENJABAT BUPATI SUMEDANG SUMARWAN HADISOEMARTO: Penjabat Bupati Sumedang Sumarwan Hadisoemarto


SUMEDANGONLINE – Penjabat Bupati Sumedang Sumarwan Hadisoemarto menyebutkan pihaknya akan mengajuka surat permohonan penangguhan penahanan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi Pasar Wado Dicky Rubiana (DR). Saat ini Dicky seperti diberitakan Sumedang Online sebelumnya, ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan dititipkan di Lapas Kelas IIb Sumedang.

“Sepanjang itu mendapatkan izi dari pihak kejaksaan, sebagai pemerintah daerah kita memang akan mengajukan penangguhan. Dan saat ini sedang masih dalam proses,” tuturnya saat dikonfirmasi wartawan di Rumah Dinas Penjabat Bupati, Jumat (20/7/2018).

Salahsatu alasan pihak Pemkab Sumedang mengajukan penahanan lantaran Dicky masih tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif. Saat ini posisi Dikcy sebagai Assisten Daerah Administrasi, karena hal itu menurut Sumarwan tenaga Dicky sangat diperlukan. “Selain itu banyaknya jabatan yang kosong sehingga ditakutkan menggangu akan roda pelayanan pemerintah. Insyaallah setelah beres kita akan ajukan ke kejari,” sebutnya.

Baca Juga  Ada Pejabat Terlibat Dugaan Korupsi, Bikin Warga Sumedang Kecewa

Sebagai informasi berdasarkan surat penetapan tersangka nomor B-1779/O.2.21/Fd.1/08/2017 tertanggal 29 Agustus 2017. Dicky diduga telah melanggar pasal 2 ayat 1 jo, pasal 3 jo, pasal 8 jo, pasal 9 UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah di ubah dan ditambahkan oleh UU nomor 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Kerugian keuangan negara terkait kasus Pasar Wado mencapai Rp1,1 miliar dari pagu anggaran revitalisasi pembangunan Pasar Wado sebesar Rp 6,3 miliar.

Baca Juga  Jangan hanya tanam, Awel: perlu ada regulasi jelas

Mantan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumedang, Dicky Rubiana itu kemarin dijebloskan ke tahanan Kejaksaan Negeri Sumedang dan dititipkan di Lapas Kelas IIB. Selain Dicky, Kejari sebelumnya telah menahan lima tersangka lainnya yakni YA, JK, AJ, DS dan TA. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Kodim 0610/Sumedang bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Kabupaten Sumedang melaksanakan gelar donor darah di Aula juang apet Makodim 0610/Sumedang, Kamis, 2 April 2020.

Pilihan Redaksi

Kekurangan Stock, PMI dan Kodim 0610 Sumedang Gelar Donor Darah

JATINANGOR

Peserta Longmarch ABI III di Jamu Kapolda Jabar Makan Siang

SUMEDANG

Seorang Warga Tasik Ditemukan Tergeletak Di Sumedang

Pilihan Redaksi

Keren di Sumedang ada program Jaksa Masuk Pesantren

Nasional

Dihadapan FAO, Mendes PDTT Paparkan Desa Sukses
Kapolres AKBP Eko Prasetyo pada pelaksanaan vaksinasi presisi di Asrama Angkrek Polres Sumedang. Jumat, 9 Juli 2021.

SUMEDANG

Gerai Vaksin Presisi Bhakti Bhayangkara Sasar Anak Usia 12-17 Tahun

Pilihan Redaksi

Lupa Matikan Lilin, Bayi 3,5 Ini Mengalami Luka Bakar

SUMEDANG

Kebakaran Bedeng Dari Petasan