Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Satpol PP Sumedang Razia Kendaraan yang Jualan di Bahu Jalan

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANGONLINE, Sumedang Kota – Lima kendaraan yang biasa mangkal berjualan di bahu Jalan Mayor Abdurrahman depan GOR Muhammadiyah seperti tukang jeruk, brownis Amanda depan Kampus UPI di sita petugas Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Kabupaten Sumedang. Kendaraan yang mereka razia langsung di bawa ke halaman kantor Satpol PP Sumedang, Senin (30/07/2018).

“Terkait dengan tindakkan SatpolPP pada hari ini, kita melakukan penegakkan hukum terkait dengan peraturan daerah nomor 7 tahun 2014. Dimana di pasal 8, sangat jelas larangan terhadap yang berjualan memakai bahu jalan. Dimana hal itu kita lakukan untuk, menciptakan situasi dan kondisi agar fasilitas lalulintas bisa terjalin dengan bagus, tidak ada kemacetan. Dan juga sesuai dengan amanat Perda, barangkali itu tidak boleh berjualan di trotoar. Apalagi di bahu jalan, ini sudah menyalahi aturan,” kata Kasie Penyelidikan dan Penyidikan Bidang Penegakkan dan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Sumedang Dadi Kusnadi pada Sumedang Online.

Sehingga sebut dia, kegiatan yang sudah beberapa kali dilakukan itu, untuk saat ini langsung dilakukan penyimpanan sementara terhadap barang bukti, karena sebelumnya sebut Dadi hanya dilakukan penertiban semata. Dia berharap dengan tindakan seperti itu akan ada efek jera, karena selama ini tetap berulang.

“Dulu hanya penertiban saja, tetapi sekarang kita lebih mengedepankan terhadap tindakan sesuai dengan keweangan SatpolPP, yaitu tindakan nonjusticial. Kita coba arahkan yang bersangkutan mengerti hokum, di mana di prosesnya kita lakukan pemeriksaan, kita juga akan menyampaikan beberapa pernyataan terhadap pelanggaran-pelanggaran yang mereka lakukan,”jelasnya. *** IWAN

Tinggalkan Balasan