Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 8 Agu 2018 15:01 WIB ·

Wow, Petani Sumedang Kirim 3-4 Ton Cabe Perhari ke Jabodetabek

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Kabid Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang saat megikuti panen cabe di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung bersama Kasie Sayuran pada Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat di Champion Wil III Cimanggung dan PPL Desa Sindulang.

KABID HORTIKULTURA PADA DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN KABUPATEN SUMEDANG SAAT MEGIKUTI PANEN CABE DI DESA SINDULANG KECAMATAN CIMANGGUNG BERSAMA KASIE SAYURAN PADA DINAS PERTANIAN PROVINSI JAWA BARAT DI CHAMPION WIL III CIMANGGUNG DAN PPL DESA SINDULANG.: Kabid Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang saat megikuti panen cabe di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung bersama Kasie Sayuran pada Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat di Champion Wil III Cimanggung dan PPL Desa Sindulang.

SUMEDANG.ONLINE – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian, Dirjen Hortikultura terus menjaga pasokan dan stabilitas harga Cabe, Bawang Merah dan Putih agar tetap mudah terjangkau oleh konsumen. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Nani kordiani. R.

Dikatakan Nani, sentra Cabe di Kabupayen Sumedang berada di wilayah Mangkarnata, yaitu wilayah di kaki Gunung Manglayang, Kareumbi, Cakrabuana dan Tampomas. Berada di Kecamatan Tanjunsari, Sukasari, Pamulihan, Cibugel, Wado dan Cimalaka.

Dikatakan dia, pada Tahun 2018 kabupaten Sumedang diberi target tanam 12 Hektar untuk bawang, cabe besar 100 hektar dan rawit 70 hektar.  “Alhamdulillah, untuk kabupaten Sumedang selama tiga tahun 2016, 2017, 2018, sudah bisa mengatur pola tanam untuk komuditas cabe besar dan cabe rawit, sehingga pasokan ke Keramat Jati dua hari sekali dari kabupaten Sumedang perharinya terkirim 3-4 ton,” paparnya.

Baca Juga  Polisi Tetapkan Gisel Tersangka, Setelah Akui Video Mesumnya Dibuat Pada Tahun 2017

Disinggung kenapa di kirim ke Keramat Jati Nani menyebutkan, karena barometer harga untuk tingkat Nasional untuk harga Cabai dan Bawang berada di Keramat Jati. “Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga pasokan produksi ke Jabodetabek, agar menjaga stabilitas harga di Jabodetabek,” sambungnya.

Untuk mendukung pasokan tetap stabil dikatakan Nani, Dirjen Hortikultura telah membentuk champion-champion Cabe di seluruh Indonesia. “Kebetulan di Kabupaten Sumedang, ada dua champion cabe yang mendapatan SK dari Dirjen Hortikultara. Tugas dari Champion cabe ini tentunya mengawal dari sejak perencanaan sampai pada panen dan pasokan ke pusat, serta menjaga pola tanam yang diatur mulai Januari sampai dengan Desember. Dengan pengaturan pola tanam tersebut setiap bulan ada tanam, setiap bulan ada panen. Sehingga setiap bulan ada pasokan ke daerah Jabodetabek,” imbuhunya.

Baca Juga  Dirut BPR Sumedang Sabet Penghargaan Tingkat Nasional

Dia berharap dengan adanya pengaturan pola tanam tersebut dapat menjaga stabilitas produksi dan harga bisa tercapai oleh masyarakat. “Dan ini bisa dirasakan selama ini, tidak ada gejolak harga seperti tiga tahun sebelumnya, harga mencapai 100 ribu, sekarang harga cabai standar. Bahkan pada harga raya kemarin masih bisa dijangkau oleh konsumen,” sebutya. ***

 

Facebook Comments Box
cabe-perhari-ke-jabodetabek/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya

Bupati Minta ASN di Sumedang Harus Berakhlaq Mulia

6 Desember 2021 - 18:26 WIB

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir saat melantik 624 CPNS Kabupaten Sumedang yang diambil sumpahnya untuk diangkat menjadi PNS di Lapangan Upacara IPP. Senin, 6 Desember 2021.

Bupati dan Ketum Pusat Hadiri Pelantikan Koordinator Hamida Kabupaten Sumedang

29 November 2021 - 22:05 WIB

Acara pelantikan koordinator Himpunan Alumni Miftahul Huda ( HAMIDA ) Kabupaten Sumedang masa khidmat 2021 - 2026 dilaksanakan di Gedung Negara. Sabtu 27 November 2021.

Puncak Hari Jadi, Korpri Sumedang Gelar Donor Darah

29 November 2021 - 21:52 WIB

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun ke-50 Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Kabupaten Sumedang, Dadang Sulaeman

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang di Liga 3 Seri 1 Group A

29 November 2021 - 19:17 WIB

Jadwal Pertandingan Perses Sumedang

Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany Kini Jadi Komandan Batalyon Infantri Yonif Raider 301/PKS

26 November 2021 - 13:14 WIB

Jabatan Komandan Batalyon Infantri Raider 301/Prabu Kian Santang resmi diserahterimakan dari Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi ke Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany. Upacara serah terima jabatan dipimpin KASBRIG 15 Kujang/II Kodam III/Siliwangi Letkol Inf Imam Wicaksana di Lapangan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang Sumedang Jawa Barat. Selasa, 24 November 2021.

Imbas Pandemi Covid-19 Angka Kemiskinan Ekstrim di Kabupaten Sumedang Naik Jadi 10,26 Persen

26 November 2021 - 13:04 WIB

Mety Supriyati selaku Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial pada Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumedang menyebutkan akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang meningkat dari 9,05 persen menjadi 10,26 persen.
Trending di SUMEDANG