ISTIMEWA/SUMEDANG ONLINE

Ratusan Ormas di Sumedang Terdeteksi Tak Aktif

SUMEDANGONLINE – Hingga September 2018, di Kabupaten Sumedang tercatat ada 532 organisasi masyarakat (ormas). Namun dari jumlah tersebut ternyata hanya 184 Ormas yang benar-benar aktif, sementara sisanya 206 tidak aktif dan 142 ormas tidak ditemukan.

Kasie Ketahanan Masyarakat dan Penanganan Konflik pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumedang Dadang membenarkan terkait banyaknya jumlah ormas di Kabupaten Sumedang.

“Yang tidak aktif pas disurvei sudah membubarkan diri, orang-orangnya sudah tidak ada, namun keberadaan sekretariatnya masih ada,” kata Dadang pada Sumedang Online.

Sementara untuk yang tidak ditemukan, yakni sekretariatnya memang tidak ada. Termasuk jika pindah alamat pun, tak diketahui pindahnya kemana. “Sehingga kehilangan jejak,” sambungnya.

Pihaknya berharap, kepada semua Ormas di Kabupaten Sumedang yang tidak aktif dan yang tidak ditemukan keberadaan Sekretariatnya  segera memberitahukan ke kantor Kesbangpol agar diketahui jika ada kegiatan- kegiatan yang akan dilakukannnya.

Meski demikian Dadang, tak merinci ormas mana saja yang tak aktif dan tidak ditemukan tersebut. (iwan)