Home / Politik

Jumat, 21 September 2018 - 14:51 WIB

Tak Ada Calon Eks Koruptor di DCT Jabar



[DESK d=Bandung]Parpol di Jawa Barat dinilai memiliki komitmen luar biasa terhadap penanganan tindak pidana korupsi, dengan tidak mencalonkan kadernya yang berstatus mantan koruptor. Ini perlu diapresiasi karena di beberapa daerah lain justru sebaliknya. Hal itu disampaikan Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat pada Rapat Pleno KPU Jabar dalam rangka Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat pada Pemilu 2019 di Aula Setia Permana Jl. Garut, Bandung, Kamis petang (20/9).

Menurut Yayat, apresiasi juga perlu disampaikan kepada Bawaslu, yang selama ini menjadi mitra penting KPU dalam meluruskan beberapa hal yang dianggap kurang.

Baca Juga  KPU Sumedang Kosongkan Kotak Suara di Gudang Logistik

“Bawaslu pula yang merekomendasikan penambahan caleg dari PBB,” katanya sambil menambahkan kehadiran Bawaslu dan Parpol dalam pleno ini untuk menegaskan transparansi KPU.
“Tidak ada kewajiban KPU mengundang Bawaslu dan Parpol dalam penetapan DCT, tetapi kami ingin memberikan pelayanan prima,” sebutnya.

Dikatakan Yayat, DCT yang ditetapkan berbeda dengan DCS karena ada beberapa perubahan, yakni penambahan calon dari PBB berdasarkan keputusan Bawaslu, pengunduran diri caleg laki-laki dari PPP dan PAN, pengunduran diri caleg perempuan dari Nasdem, Gerindra, dan Hanura, ada caleg tercatat dalam pencalonan ganda, serta adanya calon yang meninggal dunia.

Baca Juga  Dapat Nomor Lima. Yana: Mudahkan Sosialisasi

Secara keseluruhan terdapat 1.586 caleg, terdiri atas 975 caleg laki-laki dan 611 caleg perempuan. “Dengan demikian, sebanyak 38% dari caleg DPRD Provinsi Jawa Barat adalah perempuan atau di atas kuota,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Jabar, Wasikin Marzuki menyatakan semua sengketa bisa diselesaikan dengan cara mediasi. Ia juga mengapresiasi Parpol yang mengajukan caleg tanpa masalah.

Rapat Pleno Penetapan DCT dihadiri seluruh komisioner dan sekretaris KPU dan Bawaslu serta narahubung parpol di Jabar. (rls)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Politik

Aher Wakili Prabowo Temui Ulama Kalijaga-Cirebon

Pilihan Redaksi

Mantan Wabup Sumedang Ini Sebut Perseorangan Bakal Bebas dari Interpensi Politik

Pilihan Redaksi

Nina Yuningsih : Jangan Seperti Membeli Kucing Dalam Karung

Pilihan Redaksi

KPU Gencar Sosialisasi Pendaftaran Caleg DPRD Sumedang

Politik

Yayat, Soal Pilkada Media Tak Harus Netral

Politik

Besok, Giliran PKS Daftar ke KPU
Penutupan Giat GMHP (Gerakan Melindungi Hak Pilih) Minggu, 28 Oktober 2018 di Car Free Day Alun-alun Sumedang.

Pilihan Redaksi

DPT di Kabupaten Sumedang Masih dalam Perbaikan, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Besok KPU Sumedang Gelar Debat Publik Terbuka Kedua