Sumedang Bisa Tiru Mall Pelayanan Banyuwangi

BANYUWANGI – Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, mengajak seluruh ASN (aparatur sipil negara), khususnya pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) agar lebih “greget dan inovatif untuk melaksanakan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) di wilayah kerjanya masing-masing.

“Saya optimis, semua program pembangunan di Sumedang akan berjalan dengan baik jika ada “greget” dari berbagai pihak, khususnya dari jajaran birokrat. Di samping itu, harus terbangun sinergitas antar pimpinan OPD. Sehingga setiap program kegiatan yang sifatnya menjadi prioritas atau unggulan, bisa terintegrasi dengan kegiatan yang digarap oleh OPD lainnya. Dengan begitu, program unggulan tersebut bisa  cepat terwujud,” kata Dony, usai bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di Pendopo Pemerintahan Kab.Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca Juga  Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi, Bupati Sumedang Tinjau Posko Pengungsian Korban Longsor Cimanggung

Misalnya, kata Dony, untuk program yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan dan bidang pariwisata, seperti yang dilaksanakan Kabupaten Banyuwangi. “Mereka (Kab.Banyuwangi) bisa berhasil, karena program tersebut dilakukan “kroyokan” (terintegrasi),” imbuhnya.

Namun dikatakan Dony, sebenarnya apa yang dilakukan Banyuwangi, sebagian sudah dikerjakan oleh Sumedang. “Sekarang tinggal bagaimana caranya untuk ditingkatkan. Itu tentunya harus menjadi komitmen bersama,” tandasnya.

Baca Juga  Tingkatkan Minat Baca, Sumedang Launching Sake Sabu

Sementara wakil bupati Sumedang Erwan Setiawan SE menambahakan, Mall pelayanan yang di terapkan di Banyuwangi bisa di jadikan contoh oleh Pemkab Sumedang dalam melayani masyarakat.

“Apa yang di lakukan Pemkab Banyuwangi dalam melayani masyarakat dengan metode Mall pelayanan saya kira di sumedang bisa di terapkan,” ujarnya

Di dalam mall pelayanan itu bukan hanya kebutuhan administrasi yang sifatnya surat menyurat, tetapi layanan lainnya juga di sediakan dalam satu gedung.

Baca Juga  Rencanakan Musdis, AMS Sumedang Audensi dengan Bupati

“Saya lihat banyak pelayanan di dalamnya bukan hanya pelayanan pembuatan KTP atau akta, tapi berbagai keperluan ada di dalamnya, misalkan pelayanan kesehatan, pendidikan, agama, pajak dan masih banyak,” jelasnya.

Bila hal itu diterapkan Sumedang lanjut Erwan kesulitan masyarakat dalam mengurus berbagai keperluan akan mudah dilakukan, sehingga dirinya bersama dengan Berbagai pihak akan merealisasikan.

“Apa yang di lakukan oleh pemkab Banyuwangi terkait pelayanan akan di terapkan di sumedang,” tutupnya. [Bustanul]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK