Sumedang Bakal Miliki Rumah Sakit dengan Konsep Wisata di Jatigede

Maket Rumah Sakit dengan Konsep Wisata di Jatigede
sumedangkab/SUMEDANGONLINE
Maket Rumah Sakit dengan Konsep Wisata di Jatigede

SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan akan hadir rumah sakit dengan konsep wisata (Hospital Tourism) di Jatigede. Hal itu dikatakan Dony Ahmad Munir saat pihaknya meninjau lokasi calon lahan di Blok Cihegar Desa Mekarasih Kecamatan Jatigede. Selasa, 27 Juni 2023.

Disebutkan Bupati Sumedang, rumah sakit rencananya memiliki total luas 60 hektare berdiri di atas tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

“Urgensi rumah sakit ini dibangun untuk memperluas cakupan layanan kesehatan bagi masyarakat Sumedang dan sekitarnya. Kalau ini dibangun, akan mencakup wilayah pelayanan dari mulai Jatigede, Wado, Jatinunggal dan Cisitu,” ujarnya

Baca Juga  Mulai 18-31 Maret, ASN di Sumedang Berkesempatan Kerja dari Rumah

Bupati menerangkan, legalitas lahan sudah siap dan anggaran pembangunannya mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kami sudah menyiapkan DED-nya dan kesiapan dari mulai pemerintahan desa dan stakeholder terkait,” ujarnya.

Total anggaran pembangunan rumah sakit Tipe C tersebut mencapai Rp149 miliar. Tahap pertama rencananya dianggarakan Rp50 miliar.

“Kami berharap tahun ini setelah pembangunan selesai, rumah sakit dapat langsung fungsional sehingga masyarakat lebih dekat mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak harus ke Sumedang (kota) atau Majalengka,” ujarnya.

Baca Juga  Hantam Gapura, Entis Meninggal Ditempat

Menurutnya, konsep rumah sakit yang dibangun yakni Hospital Tourism atau Rumah Sakit berwawasan wisata.

“Nanti konsepnya rumah sakit yang berwawasan wisata. Ada untuk healing nya, agro wisatanya. Lahan yang kita punya cukup luas yaitu 60 hektare milik Pemerintah Daerah. Untuk rumah sakit sendiri 5,6 hektare ini sudah siap untuk dibangun,” ujarnya.

Baca Juga  Warga NU Sumedang diimbau tak ikut aksi 4 November ke Jakarta

Bupati meminta doa dari masyarakat Kabupaten Sumedang agar pembangunan rumah sakit itu segera terwujud sehingga Jatigede akan betul-betul menjadi pusat kesehatan, wisata, pendidikan, dan pemerintahan serta kuliner.

“Mohon doanya semoga rumah sakit ini segera bisa selesai. Tahun depan tahap pertama kami ingin langsung fungsional. Dalam waktu dekat akses jalannya akan kami segera bangun dan pematangan lahannya,” ujarnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK