Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 22 Apr 2019 17:44 WIB ·

Alami Perudungan, Saksi Caleg PPP Sumedang Lapor Bawaslu

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

WHATSAPP IMAGE 2019-04-22 AT 10.35.28:

SUMEDANG.ONLINE, WADO – R, salah seorang saksi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mengaku mengalami perundungan saat penghitungan suara Pemilu 2019 lalu, di Desa Cilengkrang, Kecamatan Wado. Hal itu terungkap waktu dirinya memberikan kesaksian saat pelaporan resmi berkaitan dengan dugaan penghinaan kepada Saksi di TPS 5 Desa Cilengkrang Kecamatan Wado ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumedang, Senin (22/4/2019).

Dikatakan R, perundungan dilakukan oknum kepala desa di Kecamatan Wado. Bahkan semakin menjadi tatkala dirinya masih tetap bertahan hingga penghitungan DPRD Sumedang pada waktu jelang Subuh.

“Abdi dugi ka tabuh lima subuh aya di ditu, teu uih. Ingin tahu sampai dimana,” ungkap R.

R, merupakan salahseorang dari 17 saksi yang dihadirkan pelapor H Beben Dendi Kuswandi. Meski tak melakukan tindakan fisik, namun sebut R, oknum kepala desa itu berkata dengan nada kurang etis. Kemungkinan agar dirinya segera pergi dari lokasi penghitungan, apalagi satu saksi lainnya juga sudah lebih dahulu meninggalkan lokasi.

Baca Juga  [PORDA XIII] Wabup Erwan Optimistis Sumedang Raih Prestasi

”Malahan dia nyariosna teh dugi ka kieu: nya naon ngajedog wae sugan teu bogaeun beas, ku aing dibere, ceunah. Abdi tos ngadegdeg, teu aya sasaha. Nu sanes tos uih, cuman abdi we,” tambahnya.

Sementara itu menurut pelapor H. Beben Dendi Kuswandi mengatakan, ada delapan poin kecurangan Pemilu yang dilakukan oleh Kepala Desa dan KPPS. Ke-delapan poin itu yakni terkait intimidasi, money politic, pencoblosan surat suara yang tidak terpakai, pengusiran saksi, membongkar kotak surat suara, mengambil dari rumah KPPS dan menghina terhadap saksi.

“Jadi hari ini saya bersama 17 saksi yang merupakan warga Cilengkrang dan juga saksi saksi dari Partai politik lain yang diusir, resmi melaporkan tindak kecurangan tersebut,” ujar H Beben pada wartawan usai memberikan laporan di kantor Bawaslu Kabupaten Sumedang, Senin (22/4/2019).

Baca Juga  Tegakkan Disiplin, Kodim 0610/Sumedang Gelar Operasi Gaktib PM

Dia berharap Bawaslu Sumedang dapat menindak tegas para pelaku yang melukan tindakan yang menciderai demokrasi tersebut. “Prilaku yang dilanggar, semoga Bawaslu mempidanakan orang-orang tersebut,” ungkapnya.

Terkait dengan adanya laporan resmi dari masyarakat tersebut, Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran pada Bawaslu Kabupaten Sumedang, Ade Sunarya pihaknya masih akan mengkaji bersama dengan Sentra Gakumdu yang melibatkan Kepolisian dan Kejari.

Karena itu, saat ditanya wartawan sanksi apa jika terbukti terlapor melakukan tindakan tersebut, pihaknya belum bisa memastikan.

“Jadi untuk saat ini, kita belum bisa memastikan sanksinya apa. Jadi hari ini kita baru menerima laporannya saja. Karena untuk penanganan dugaan kecurangan itu, kita akan melakukan rapat pleno dengan jajaran komisioner Bawaslu,” ucapnya. [fitri]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA