Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Lima Kecamatan di Sumedang Teridentifikasi Banyak Orang dalam Pemantauan

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi
BUPATI Sumedang saat menggelar Jumpat Pers berkaitan dengan Perkembangan Terkini Virus Corona di Kabupaten Sumedang di Gedung Negara, Ahad, 22 Maret 2020. | FOTO:

SUMEDANG.ONLINE, GEDUNG NEGARA (22/3/2020) – Selain adanya satu orang warga Kecamatan Sumedang Selatan yang teridentifikasi positif virus corona. Di Kabupaten Sumedang, menurut Bupati Sumedang, H Dony Ahmad Munir, ada lonjakan orang dalam pemantauan (ODP).

Banyaknya ODP tersebut dikatakan Dony, karena mereka bekerja di Jakarta dan saat ini pulang Kampung. Ada lima kecamatan yang teridentifikasi banyak ODP, yakni Kecamatan Cisarua, Paseh, Wado, Jatigede dan Ujungjaya).

“Saat ini warga masyarakat dimaksud dikarantina di rumahnya masing-masing untuk jangka waktu 14 hari ke depan. Pemantauan dilakukan oleh Petugas Puskesmas bekerjasama dengan Camat, unsur Forkopimcan dan jajaran Pemerintah Desa,” jelas Dony.

Lebih lanjut dia menyebutkan, mengingat adanya perkembangan situasi serta dalam rangka mengantisipasi keadaan yang tidak menguntungkan, terlebih melihat penyebaran COVID 19 yang sangat masif, baik di tingkat regional, nasional maupun global. Maka Pemerintah Kabupaten Sumedang berdasarkan hasil Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah pada tanggal 22 Maret 2020, menetapkan bahwa kebijakan sosial distancing (pembatasan jarak atau interaksi sosial secara disiplin) di Kabupaten Sumedang harus dioptimalkan, baik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun untuk masyarakat luas.

Baca Juga  Desa Baginda Sumedang Masih Menunggu Sisa Bantuan dari Provinsi Jawa Barat

Untuk mengoptimalkan kebijakan social distancing dalam rangka pencegahan penyebaran COVID 19 di tingkat wilayah kecamatan dan desa/kelurahan yang teridentifikasi ada yang positif dan/atau PDP dan OPD nya signifikan, kami tetapkan kebijakan “Isolasi Lokal Kewilayahan” mulai hari ini tanggal 22 Maret 2020 sampai dengan 14 (empat belas) hari ke depan, yakni untuk Kecamatan Sumedang Selatan (teridenrifikasi ada yang positif COVID 19), serta Kecamatan Cisarua, Kecamatan Paseh, Kecamatan Wado, Kecamatan Jatigede dan Kecamatan Ujungjaya (teridentifikasi ODP cukup signifikan). *IWAN RAHMAT*

Tinggalkan Balasan