Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Kamis, 9 April 2020 - 15:26 WIB

Anggota DPRD: Masih Banyak Warga Sumedang Belum Bermasker



SUMEDANG.ONLINE, WADO – Di tengah pandemik Corona Virus Disease (Covid-19), justru kesadaran masyarakat untuk memakai masker masih minim. Hal itu seperti dilihat langsung Anggota Komisi III DPRD Sumedang, H. Surya Mulyadi saat melakukan kunjungan ke Pasar Wado, Kamis, 9 April 2020.

“Saya melihat sendiri di wilayah Kecamatan Wado banyak sekali masyarakat yang tidak menggunakan masker,” ujar Surya Mulyadi pada wartawan saat membagikan alat pelindung diri berupa masker.

Surya, belum mengetahui minimnya kesadaran warga menggunakan masker itu apakah karena kurangnya sosialisasi atau memang mereka belum memiliki masker.

Sementara itu dari hasil tinjauannya di lapangan ternyata didapati di Kecamatan Wado juga masih minim akan alat pelindung diri terutama di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Wado. Kondisi itu menurut dia, sangat riskan.

Baca Juga  Gebyar GMHP Minim Peserta Parpol, Ini Alasannya

“Kasihan para tenaga medis kalau masih kekurangan APD,” ucapnya.

Sementara itu, sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penggunakan masker ditempat umum menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko penularan virus Covid-19.

Susi Gantini selaku ketua TP.PKK mengingatkan, masker yang digunakan tidak harus selalu masker bedah akan tetapi dapat menggunakan masker kain yang dibuat dari bahan kaos dan kain yang ramah lingkungan.

“Masker yang digunakan tak harus masker medis ataupun masker bedah, akan tetapi dapat memakai masker kain yang dapat dibuat dari bahan kaos atau dari bahan kain lainnya serta bisa di cuci dan ramah lingkungan,” katanya, Kamis (9/4/2020).

Baca Juga  Bupati Sumedang Sebut CSR Belum Dikelola Secara Optimal

Susi juga menyampaikan bahwa penggunaan masker harus dapat di pastikan bahwa masker menutupi hidung, dagu dan juga  diusahakan tidak longgar.

“Hal lain yang harus diperhatikan saat memakai masker yaitu, pastikan masker menutupi hidung, dagu dan juga usahakan masker tidak longgar,” tambahnya.

Untuk mendukung optimalisasi percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang, Pemkab Sumedang telah mencanangkan gerakan #sejutamaskeruntuksumedang. *KOSAM/IWAN RAHMAT*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Pembangunan Puskesmas Hariang Disoal, Ini Jawaban Dinkes Sumedang

Pilihan Redaksi

Wow, Nasabah BRI ini dapat hadiah utama mobil
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir saat melakukan rapat koordinasi via video konferensi dengan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bekaitan dengan pengajuan status PSBB.

Pilihan Redaksi

Mengapa Sumedang Lakukan PSBB, Ini Penjelasan Bupati

Persib Aing

Halodoc Beri Dukungan untuk PERSIB
Aksi pendemo terlihat anarkis dalam pelaksanaan latihan dan simulasi bersama 400 personel gabungan di IPP Kabupaten Sumedang, Jumat 27 November 2020.

SUMEDANG

Pasukan PHH Yonif Raider 301/PKS Ikut Bagian Amankan Pendemo

Pilihan Redaksi

P3D Sumedang, Bidik 10 Ribu Kendaraan Tak Melakukan Daftar Ulang

SUMEDANG

Bappeda,Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat

Pilihan Redaksi

Bus Kopayu Adi Guru Terguling, Ini Penjelasan Kernet