Home / SUMEDANG

Minggu, 19 April 2020 - 16:43 WIB

#LawanCorona Madara Bagikan Masker Gratis

SIMBOLIS pembagian masker gratis dilakukan dengan tetap menjaga physical distancing dilakukan Komunitas Masyarakat Adat Darmaraja (Madara) pada warga Desa Ranggon, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Ahad, 19 April 2020.

SIMBOLIS PEMBAGIAN MASKER GRATIS DILAKUKAN DENGAN TETAP MENJAGA PHYSICAL DISTANCING DILAKUKAN KOMUNITAS MASYARAKAT ADAT DARMARAJA (MADARA) PADA WARGA DESA RANGGON, KECAMATAN DARMARAJA, KABUPATEN SUMEDANG. AHAD, 19 APRIL 2020. SIMBOLIS PEMBAGIAN MASKER GRATIS DILAKUKAN DENGAN TETAP MENJAGA PHYSICAL DISTANCING DILAKUKAN KOMUNITAS MASYARAKAT ADAT DARMARAJA (MADARA) PADA WARGA DESA RANGGON, KECAMATAN DARMARAJA, KABUPATEN SUMEDANG. AHAD, 19 APRIL 2020.: SIMBOLIS pembagian masker gratis dilakukan dengan tetap menjaga physical distancing dilakukan Komunitas Masyarakat Adat Darmaraja (Madara) pada warga Desa Ranggon, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Ahad, 19 April 2020.


SUMEDANG.ONLINE – Komunitas Masyarakat Adat Darmaraja (MADARA) membagikan masker kain gratis dan penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum di Desa Ranggon, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang. Ahad, 19 April 2020.

Uniknya sebelum acara dimulai mereka mengambil air dari mata air Cimaraja (Kadarmarajaan dari Dusun Paniis). Menurut Kang Hadi Barkah, pihaknya sebagai generasi muda tetap mempertahankan adat istiadat leluhur, apalagi dalam kondisi saat ini menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19) yang tidak kasat mata harus benar-benar hati-hati dan waspada. Meski demikian, masyakat jangan sampai dibuat panik.

Baca Juga  [MTQ XXXVI-JABAR] Sekda Kabupaten Sumedang Lepas Kontingen Gelombang Dua

“Intinya kita memakai tali paranti leluhur untuk menolak bala. Air yang sudah diberi doa itu nantinya dimasukan ke cairan disinfektan yang kemarin dikasih oleh Relawan Sumedang sebanyak 80 liter,” kata Hadi Barkah di sela acara ritual yang dihadiri Kepala Desa Ranggon, Oo Somantri.

Lebih lanjut Hadi menyebutkan, masker yang terkumpul merupakan donasi dari anggota Madara, dia menargetkan Seribu masker dapat dibagikan gratis pada masyarakat yang membutuhkan. “Namun, untuk sementara baru terbuat 300 buah, itu penjahitnya dari konveksi yang ada di Darmaraja dan Situraja,” imbunya.

Baca Juga  Perangi Covid, Polres Sumedang Gelar Kampanye Penggunaan Masker

Diambilnya konveksi lokal, sebut dia, sebagai upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Karena di tengah wabah Covid-19, pertumbuhan ekonomi terjadi perlambatan. “Karena itu kita memberdayakan para penjahit lokal. Alhamdulillah hasilnya memang baik,” jelas dia.

Dikatakan Hadi, pembagian masker dilakukan di jalan masuk ke Desa Ranggon, selain itu masker juga diberikan pada aparat desa untuk selanjutnya dibagikan ke warga secara langsung. Sementara untuk penyemprotan disinfektaan dengan menggunakan penyemprot hama milik petani, namun dengan memakai baju pelindung diri.  *FITRI*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Polisi saat melakukan olah tempat kejadian perkara kecelakaan maut di Jalan Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan sekira pukul 10.30 WIB. Ahad, 12 September 2021.

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Masih Dalami Kecelakaan Maut di Jalan Nangorak

Pilihan Redaksi

Kades Tidak Boleh Jadi Pelaksana Proyek

Pilihan Redaksi

Polres Sumedang Gelar Bakti Kesehatan di Terminal Ciakar

Pilihan Redaksi

2019, Eka berharap Aplikasi e-Government hibah Pemkot Bandung bisa diterapkan

Pilihan Redaksi

Komitmen Zaenal-Asep Pembuatan KTP-el Bisa Diantar ke Rumah, Ini Buktinya
Ketua Sumedang Pasti Bisa, Huliman Abdul Gofur menyebutkan gerakkan yang dipimpinnya merupakan gerakan sosial berasal dari masyarakat yang peduli terhadap warga Sumedang yang sedang menjalankan isolasi Mandiri terkait dengan Terkonfirmasi Covid-19, Probable maupun yang kontak erat.

SUMEDANG

Sumedang Pasti Bisa, Gerakan Sosial dari Masyarakat Peduli Warga Sumedang yang Isoman Covid-19

Pilihan Redaksi

Gubernur Jawa Barat sebar 4,2 Juta Ikan di Jatigede
Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani menunjukan surat edaran mengenai Sisnaker dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Pilihan Redaksi

Usai Libur Lebaran, Pemohon Kartu Kuning di Disnakertrans Sumedang Melonjak