Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 20 Mei 2020 02:50 WIB ·

Satpol PP: PSBB Tahap Satu Warga Sumedang Lebih Taat dari Tahap II

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Salahsatu toko masih buka disegel oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang.

SALAHSATU TOKO MASIH BUKA DISEGEL OLEH SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN SUMEDANG. SALAHSATU TOKO MASIH BUKA DISEGEL OLEH SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN SUMEDANG.: Salahsatu toko masih buka disegel oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG – Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang Undang Daerah Satpol PP Sumedang Deni Hanafiah menilai warga Sumedang lebih patuh pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap pertama dibandingkan dengan tahap ke-dua.

“Kalau kita lihat, PSBB Pertama tingkat Kabupaten yang dari tanggal 22. Selama 14 hari itu. Dibanding dengan putaran ke-dua, kalau saya lihat masyarakat cenderung lebih patuh pada saat PSBB pertama. Walaupun pada saat itu, tiga hari pertama masyarakat agak sedikit kaget. Cuman dengan berjalannya waktu, dengan berjalannya sosialisasi. Mereka sadar, dan mereka mengikuti apa itu PSBB pertama,” ujar Deni.

Meski dari sisi pelanggaran ada yang naik, turun dan rata-rata air. Karena pelanggarannya relatif datar, kemudian dilanjutkan dengan PSBB ke-dua, tingkat provinsi. “Kemudian munculah PSBB provinsi, nah Sumedang kan menyesuaikan. Sehingga turunlah PSBB putaran ke-dua dengan Perbup yang sebelumnya nomor 30/2020. Dan untuk putaran ke-dua ini dilanjutkan dengan Perbup 40/2020 tentang PSBB dimana di dalamnya ada beberapa revisi tentang boleh dan tidak boleh dilaksanakan,” jelas dia.

Baca Juga  Dua Rumah di Rancakalong, Hangus Terbakar

Pada saat PSBB tahap ke-dua ini sebut Deni, ada kecendrungan masyarakat sudah mulai jenuh. Apalagi berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri, meski petugas tidak bosan-bosannya mengingatkan.

“Tapi masyarakat cenderung sepertinya acuh tak acuh, sehingga kami memberikan penegasan. Selama penegasan pertama pada putaran ke-satu, penegesannya lebih condong ke edukasi. Untuk yang kedua, kita berusaha untuk lebih meneggak dan mendisiplinkan,” ungkapnya.

Baca Juga  Dikabarkan Tenggelam di Jatigede, Proses Pencarian Abdul Masih Berlanjut

Imbasnya pada 19 Mei 2020, ada pemilik toko, yang terpaksa tempat usahanya di segel. “Itu karena masyarakat membutuhkan barang-barang kebutuhan lebaran, kemudian toko ada peluang dari segi ekonomi. Akhirnya mereka mencuri-curi. Kemarin itu ada yang sedikit ngeyel, tertangkap tangan, sehingga kita segel. Ini menunjukkan seolah-olah masyarakat sudah jenuh, sehingga mereka menantang: Kareplah yang penting mah bisa beli baju dulag, seperti itu. Padahal mereka tidak terpikirkan bahwa sekarang Virus Corona ini tidak ketahuan fisikli nya, nah ini yang harus kita waspadai,” tandasnya. *IWAN RAHMAT*

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG