Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 28 Jun 2020 01:35 WIB ·

Makin Digemari Kalangan ASN Sumedang, Agus: Ingin Jadikan Jatigede Kampung Hidroponik

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Agus Suyaman SH. MH., saat menunjukkan tanaman kangkung yang ditanamnya melalui sistem hidroponik.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE TUNJUKKAN: Agus Suyaman SH. MH., saat menunjukkan tanaman kangkung yang ditanamnya melalui sistem hidroponik.

BUDIDAYA menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah (hidroponik) mulai digemari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sumedang. Sebut saja, Agus Suyaman, SH. MH., dia berhasil bercocok tanam memanfaatkan halam rumahnya.

Di temui SUMEDANG ONLINE pada Kamis, 25 Juni 2020 dia mengaku di sela-sela kesibukannya sebagai pegawai negeri dirinya masih memanfaatkan waktu luangnya untuk menanam jenis sayuran dengan sistem hidroponik.

Baca Juga  Keracunan Daging Kambing: Warga, mengeluh sakit perut

“Mulai tanam sekitar akhir mei setelah lebaran ketika Panen Perdana kami bagikan sayurannya bagi tetangga dan sebagian buat kebutuhan dirumah,” ujar Agus Suyaman.

Dosen di salahsatu perguruan tinggi di Kabupaten Sumedang ini pun menyebutkan sistem hidpronik sangat menghemat lahannya yang tidak terlalu luas. Dia sendiri menanam berbagai jenis sayuran seperti kangkung, sawi dan salada.

“Dengan sistem Hidroponik kualitas sayuranya cukup baik. Sementara lama penanaman kangkung yakni 28-30 hari, sawi antara 40 hingga 60 hari, salada 40-50 hari. Dan kita tidak perlu repot nyiram kita hanya memeriksa saja apa ada hama atau tidak,” jelas dia.

Baca Juga  Wow! Karirpad Tembus 3 Juta Pengguna Per Bulan

Ujicoba di pekarangan rumahnya itu akan dia getok tularkan di warga terdampak bendungan Jatigede. Dia sangat berharap ke depannya, wilayah tersebut menjada kawasan Hidpronik. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG