Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 8 Okt 2020 21:52 WIB ·

Sikap DPRD Sumedang Dites Aliansi Mahasiswa Terkait UU Ciptaker

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: USEP ADIWIHANDA

Aliansi mahasiswa Kabupaten Sumedang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Sumedang dan diterima langsung Ketua DPRD-nya, Kamis 8 Oktober 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE AKSI MAHASISWA: Aliansi mahasiswa Kabupaten Sumedang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Sumedang dan diterima langsung Ketua DPRD-nya, Kamis 8 Oktober 2020.

KOTA, SUMEDANGONLINE — Aliansi mahasiswa Kabupaten Sumedang, Kamis 8 Oktober 2020, kembali mendatangi DPRD Kabupaten Sumedang. Mereka ingin tahu akan sikap para wakil rakyat itu, setuju atau tidak terkait RUU Omnibus Law Cipta Kerja yang telah disahkan menjadi UU.

“Apakah berani menyatakan sikap langsung dengan cara menandatangani dan dikirim langsung ke presiden Indonesia? Juga memperlihatkan transparansi bahwa DPRD Kabupaten Sumedang itu sangat menyatakan sikap secara langsung di publik,” kata Koordinator Aliansi Aksi Mahasiswa Sumedang, Atjeng Dea Fikry.

Atjeng menyatakan, awalnya, para anggota dewan di Sumedang itu, sempat tidak mau untuk menandatangi tuntutan yang disampaikan para aliansi mahasiswa di kota tahu ini.

Baca Juga  Disperkim Jabar Ubah Sampah Jadi Berkah

“Tapi hasilnya, mereka menandatangani dan siap untuk mengirimkan surat itu langsung ke Presiden Indonesia,” ujarnya.

Terkait poin yang disampaikan, terkait RUU Ciptaker dari Pasal 15 terkait kebijakan otonom. Dari isinya, kata dia, akan ada penghapusan beberapa poin tentang kebijakan otonom. Khususnya di DPRD provinsi dan di DPRD.

“Otomtis DPRD Kabupaten Sumedang di sini, tentang kebijakannya secara kasar itu ditarik. Karena dijelaskan di RUU Cipta Kerja, bahwa adanya keterbatasan dalam poin-poin tersebut,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, para mahasiswa di Sumedang sangat menuntut pencabutan UU tersebut. Mengingat, RUU Ciptaker itu sangat membebankan terhadap serikat pekerja.

Baca Juga  FKDM dan Forkowas, Kupas Soal Terorisme dan Paham Radikalisme

“Mahasiswa juga sadar akan adanya ketidak adiln karena saya rasa mahasiswa sudah melihat beberapa kejadian, dari mulai DPR RI yang katanya anggota tidak bisa berbicara, dan rasanya demokrasi ini sudah dibatasi gituh. Jadi sadar akan adanya yang tidak baik-baik saja,” tukasnya.

Sementara dalam aksinya ke DPRD Kabupaten Sumedang, para mahasiswa ini dijaga ketat aparat keamanan baik dari kepolisian maupun TNI. Secara keseluruhan, aksi yang berlangsung itu berjalan aman terkendali. ***

Facebook Comments Box
sumedangonline.com/2020/10/sikap-dprd-sumedang-dites-aliansi-mahasiswa-terkait-uu-ciptaker/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Pasca Insiden Unras, 135 Anggota Ormas GMBI Asal Sumedang Kena Sanksi Wajib Lapor

28 Januari 2022 - 17:58 WIB

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, saat memberikan arahan pada 135 anggota GMBI Sumedang di Mapolres Sumedang. Jumat, 28 Januari 2022.

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.
Trending di SUMEDANG