Home / PENDIDIKAN / SUMEDANG

Senin, 2 November 2020 - 17:02 WIB

KBM Tatap Muka di Sumedang Dimulai Januari 2021, Tapi…?

Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan diwawancara terkait KBM tatap muka, Senin 2 November 2020

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE WAWANCARA: Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan diwawancara terkait KBM tatap muka, Senin 2 November 2020


KOTA, SUMEDANGONLINE — Kajian kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka, hingga kini terus dikaji Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Namun begitu, target paling dekat untuk pembelajaran tatap muka itu, dimungkinkan berlangsung pada Januari 2021.

Akan tetapi, rencana itu tetap melihat kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Sebab sesuai surat keputusan bersama (SKB) empat Kementerian RI, pembelajaran tatap muka boleh dilakukan di zona kuning dan hijau.

“Januari itu baru sebatas pertimbangan untuk analisa pelaksanaan belajar tatap muka. Tetapi ini sangat tergantung dari sutuasi kondisi sekarang. Kalau stabil mungkin akan dipertimbangkan untuk pembelajaran tatap muka di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) nanti di bulan Januari. Dipertimbangkan ya itu,” kata Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan, Senin 2 November 2020.

Baca Juga  Jumlah Kasus Curanmor di Sumedang Masih Tinggi

Bila Januari 2021 tatap muka dapat dilangksungkan, lanjut Eka, dari rancangan yang ada prosesnya dilakukan secara bertahap. Hal itu akan dimulai dari jenjang pendidikan tingkat SMP.

“Bila SMP dianggap stabil, bagus, maka diteruskan lagi ke jenjang yang lebih bawahnya (SD, red).

Kendati baru rencana, pihaknya dari sarana prasarana terus berkoordinasi dengan pihak sekolah, untuk mempersiapkan sekolahnya berupa penyediaan standar prokes. Mulai dari tempat cuci tangan menggunakan sabun, masker dan lain sebagainya.

Baca Juga  Polres-Kodim 0610, Bagikan 500 Paket Sembako ke Abang Becak dan Delman

“Bahasa Sundanya ‘teu ngadadak lah’ (tidak mendadak). Harus dipersiapkan apa saja yang harus ada pada saat nanti seandainya dilakukan belajar tatap muka. Itu dari aspek sarana prasarana. Tapi ada aspek lain juga seperti persetujuan orang tua, itu pun harus dipertimbangkan,” tuturnya.

Namun begitu, saat ini di Kabupaten Sumedang sudah mulai melakukan ujicoba KBM tatap muka untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Diantaranya di SMAN Tanjungkerta dan MA Al-Mustofa di Kecamatan Pamulihan. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Polres Bekuk Tiga Pelaku Pengeroyokan di Angkrek Sumedang

SUMEDANG

Erik Dimakamkan DiCipameungpeuk

Pilihan Redaksi

BNN Razia Tempat Hiburan di Sumedang, Ini Hasilnya

Pilihan Redaksi

Dony Minta Zakat Harus Bisa Menyelesaikan Masalah Kemiskinan
Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir, meresmikan tangki oksigen VCL seberat 11 ton serta laboratorium PCR di RSUD Sumedang. Kamis, 9 September 2021.

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Resmikan Tangki Oksigen VCL 11 Ton dan Laboratorium PCR Simpati
Tim Penggerak PKK Kecamatan Cimalaka melakukan monitoring program Gerakan Nasi Bungukus (Gasibu) di tiga desa di Kecamatan Cimalaka. Sabtu, 25 April 2020.

SUMEDANG

Ketua TP PKK Cimalaka Lakukan Monitoring Program Gasibu

Pilihan Redaksi

Petir Sambar KWh Meter Masjid At-Taqwa Tanjungmekar Sumedang

Pilihan Redaksi

Ini Hasil Lengkap Pilkades Serentak di Kecamatan Cimalaka