KBM Tatap Muka di Sumedang Dimulai Januari 2021, Tapi…?

Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan diwawancara terkait KBM tatap muka, Senin 2 November 2020
IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE/SUMEDANGONLINE
Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan diwawancara terkait KBM tatap muka, Senin 2 November 2020

KOTA, SUMEDANGONLINE — Kajian kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka, hingga kini terus dikaji Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Namun begitu, target paling dekat untuk pembelajaran tatap muka itu, dimungkinkan berlangsung pada Januari 2021.

Akan tetapi, rencana itu tetap melihat kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Sebab sesuai surat keputusan bersama (SKB) empat Kementerian RI, pembelajaran tatap muka boleh dilakukan di zona kuning dan hijau.

“Januari itu baru sebatas pertimbangan untuk analisa pelaksanaan belajar tatap muka. Tetapi ini sangat tergantung dari sutuasi kondisi sekarang. Kalau stabil mungkin akan dipertimbangkan untuk pembelajaran tatap muka di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) nanti di bulan Januari. Dipertimbangkan ya itu,” kata Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan, Senin 2 November 2020.

Baca Juga  SMK PGRI 1 Sumedang Gelar Workshop Penguatan Budaya Kerja Bersama IDUKA

Bila Januari 2021 tatap muka dapat dilangksungkan, lanjut Eka, dari rancangan yang ada prosesnya dilakukan secara bertahap. Hal itu akan dimulai dari jenjang pendidikan tingkat SMP.

Baca Juga  Pergi Kesawah Pulang Tak Bernyawa, Kiki Wafat Tersambar Petir

“Bila SMP dianggap stabil, bagus, maka diteruskan lagi ke jenjang yang lebih bawahnya (SD, red).

Kendati baru rencana, pihaknya dari sarana prasarana terus berkoordinasi dengan pihak sekolah, untuk mempersiapkan sekolahnya berupa penyediaan standar prokes. Mulai dari tempat cuci tangan menggunakan sabun, masker dan lain sebagainya.

“Bahasa Sundanya ‘teu ngadadak lah’ (tidak mendadak). Harus dipersiapkan apa saja yang harus ada pada saat nanti seandainya dilakukan belajar tatap muka. Itu dari aspek sarana prasarana. Tapi ada aspek lain juga seperti persetujuan orang tua, itu pun harus dipertimbangkan,” tuturnya.

Baca Juga  Selama Pelaksanaan Tes Cepat Antigen di Terminal Ciakar Sumedang, Tiga Warga Diketahui Reaktif

Namun begitu, saat ini di Kabupaten Sumedang sudah mulai melakukan ujicoba KBM tatap muka untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Diantaranya di SMAN Tanjungkerta dan MA Al-Mustofa di Kecamatan Pamulihan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK