Home / PENDIDIKAN / Pilihan Redaksi

Senin, 18 Januari 2021 - 17:41 WIB

Dukung Siswa Belajar dari Rumah SMPN 8 Sumedang Manfaatkan Website Pembelajaran Jarak Jauh

Kepala SMP Negeri 8 Asep Jamiat

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE KEPALA SMPN 8: Kepala SMP Negeri 8 Asep Jamiat


SMPN 8 SUMEDANGSMP Negeri 8 Sumedang menyediakan teknologi informasi untuk mendukung 40 persen belajar virtual disaat pandemic Covid-19. Sesuai dengan tujuh strategi komplementer Surat Edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

Salahsatunya dikatakan Kepala SMP Negeri 8 Sumedang, Asep Jamiat dengan memanfaatkan website pembelajaran jarak jauh yang sudah disediakan oleh pemerintah.

“Memang sudah disediakan untuk pembalaran dari itu. Yang pertama ada belajar.id, dan ibu guru bisa mengakses materi pembelajaran tugas-tugas dan sebagainya sesuai dengan belajar.id. Ada juga di kemendikbud.go.id,” ungkap Asep Jamiat. Senin, 18 Januari 2021.

Selain itu pihaknya pun berencana akan menggunaka aplikasi e-learning sendiri. “Kami berencana menggunaka e-learning, kami menyediakan domain khusus kita sewa ke vendor dan itu bapak dan ibu bisa mengakses terkait upload tugas, download nilai yang dikerjakan para siswa. Jadi ini mungkin tidak 100 persen dilaksanakan, tapi paling tidak kami berupaya untuk bisa melaksanakan bagaimana anjuran dari disdik terkait dengan aturan 40 persen belajar virtual itu,” imbuhnya.

Baca Juga  Ruangan Digabung, Plafon Ruang Kelas SDN Babakan Rancakalong Mau Roboh

Tak hanya itu pihaknya juga siap memberikan layanan konsultasi pada orangtua siswa selama belajar siswa di rumah.

“Dalam menyikapi bagaimana belajar dalam kondisi pandemi saat ini. Jadi, kami tadi berkumpul bagaimana menyiapkan, terutama untuk melayani konsultasi belajar siswa di rumah yang dibantu orangtuanya. Dalam artian, kami menyadari bahwa orangtua, mungkin banyak kesulitan di dalam mendampingi anak-anaknya dalam masa belajar ini. Dalam hal ini kami mungkin menyediakan waktu bagaimana supaya secara psikologis orangtua bisa terbantu dengan pelayanan yang diberikan oleh kami itu,” jelasnya.

Baca Juga  Rp 15 ribu Persiswa di Program Gizi Anak Sekolah

Pihaknya pun berencana setelah masa PSBB berlalu akan mengundang para orangtua siswa untuk diajak berkonsultasi berkaitan dengan kendala-kendala yang mereka hadapi selama proses pembelajran ini.

“Untuk di SMPN 8 sesuai dengan Surat Edaran dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang terkait dengan tujuh strategi belajar komplementer virtual kami bukan berarti kesulitan tapi yang sudah kami laksanakan terkait dengan kemampuan ortu di dalam menyediakan fasilitas itu. Jadi kami, di dalam hal ini menyikapi agar empat puluh persen belajar virtual itu dapat terlaksanakan kami menggunakan beberapa laman,” pungkas dia. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

Pertajam jiwa patriotisme, praja IPDN Jiarahi makam proklamator

Pilihan Redaksi

Tak Intervensi, Pokja Wartawan dan Pemkab Semarang Tetap Sinergis

OLAHRAGA

Meriah, Kick-off Sepeda Nusantara 2018

Pilihan Redaksi

Relawan Muda dan PKS MUDA Chapter Sumedang Gelar Nobar Preman Pensiun
Kepala SMAN 1 Sumedang Dadang Kusmara secara simbolis memberikan bantuan kepada perwakilan yayasan di sela puncak HUT ke-62 SMAN 1 Sumedang, Sabtu 17 Oktober 2020.

PENDIDIKAN

Puncak HUT ke-62, SMAN 1 Sumedang Salurkan Donasi ke Panti Asuhan

Pilihan Redaksi

Di Acara Wayang Golek, Hersa Ajak Warga Sumedang Datang ke TPS

Pilihan Redaksi

Wow, Kontingen Paralayang Sumedang Boyong 3 Emas
Kapolsek Cileunyi Kompol Dadan Suryana melalui Kanit Binmas Ipda Rina Lestari mengatakan, Binluh merupakan upaya antisipasi dan pencegahan kenakalan remaja di kalangan pelajar, khususnya di wilayah Kecamatan Cileunyi.

Pilihan Redaksi

Binmas Polsek Cileunyi Gencar Gelar Binluh di Sekolah